Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Samantha Stosur Juara Setelah Pulang Kampung

By Riemantono Harsojo - Senin, 5 Agustus 2013 | 13:27 WIB
Samantha Stosur (kiri), meraih gelar pertama dalam dua tahun terakhir setelah mengalahkan Victoria Azarenka di turnamen Southern California Open. (Joe Scarnici-Getty Images-AFP)

hasil yang mengecewakan. Tampaknya cara itu berhasil buat petenis Australia, Samantha Stosur. Pada Minggu (4/8), ia mendapatkan gelar juara tunggal putri pertama setelah terakhir kali memenanginya di Amerika Serikat Terbuka 2011.

Pada Minggu (4/8) Samantha Stosur menjuarai turnamen Southern California Open di Carlsbad, AS. Petenis peringkat 13 dunia itu mengalahkan petenis Belarusia peringkat tiga dunia, Victoria Azarenka, duat set langsung dengan skor meyakinkan, 6-2 6-2.
Gelar juara di Southern California Open menjadi yang pertama buat Samantha Stosur setelah kemenangan atas Serena Williams di final Amerika Serikat Terbuka 2011. Seusai juara di AS Terbuka 2011, prestasi Samantha Stosur turun naik, dengan lebih banyak mendapat hasil-hasil mengecewakan.


Pada tahun 2013 hingga bulan Juni, Samantha Stosur empat kali kalah di babak pertama dan ia tidak pernah mencapai babak semifinal. Pencapaiannya di seri Grand Slam juga jelek. Petenis berusia 29 tahun itu kalah di babak kedua Australia Terbuka dan masing-masing di babak ketiga Prancis Terbuka dan Wimbledon.


Setelah tersingkir dini di Wimbledon, petenis yang bermarkas di Florida, Amerika Serikat, itu memutuskan untuk beristirahat di kampung halamannya, Brisbane, Australia, selama sekitar tiga pekan. Salah satu aktivitasnya saat rehat adalah menyaksikan pertandingan rugbi. Ia juga mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke restoran-restoran dan kedai kopi favoritnya di kampung halamannya.


Setelah mengisi baterai, Samantha Stosur memang kembali mendapat hasil mengecewakan. Ia langsung kalah di babak pertama turnamen di Stanford, AS, kalah dari petenis Belarusia peringkat 83 dunia, Olga Govortsova. Namun, setelah itu Samantha Stosur bangkit dan meraih kejayaan di turnamen Southern California Open.

"Sedikit naik turun," kata Samantha Stosur setelah menjuarai Southern California Open mengenai pencapaiannya pasca-juara AS Terbuka 2011. "Tahun ini benar-benar berat. Saya sangat sangat bahagia sekarang bisa menang lagi," ujarnya.


Rahasia kemenangan Samantha Stosur atas Victoria Azarenka adalah keberhasilan petenis Australia itu melepaskan servis-servis pertamanya yang mematikan dan kemampuannya menjinakkan servis Victoria Azarenka. Samantha Stousur setidaknya mencetak tiga servis ace, membuat 20 pukulan kemenangan, dan mampu empat kali mematahkan servis Victoria Azarenka dalam lima kesempatan.


"Saya sangat senang terhadap hal tersebut, mampu mengatasi tekanan tersebut dan melepas servis ke tempat yang saya inginkan dan yang bagaimana saya inginkan sampai berulang kali," kata Stosur. "Saya tahu bagaimana rasanya tidak mampu mematahkan servis ketika Anda memiliki kesempatan, dan itu bikin Anda kesal."


Samantha Stosur berharap kemenangan di turnamen Southern California Open akan menambah keyakinannya saat tampil di turnamen Rogers Cup di Kanada pada 5-11 Agustus dan kemudian di AS Terbuka di New York pada akhir Agustus.


"Kemenangan ini jelas dorongan besar buat saya," ucap Samantha Stosur. "Saya tidak mendapatkan hasil bagus sepanjang tahun, jadi dapat bangkit, khususnya setelah kekalahan di babak pertama pada pekan lalu, dan bermain lebih baik dan  lebih baik setiap hari, hal itu menjadi dorongan bagus untuk mengikuti turnamen Grand Slam terakhir tahun ini."


Gelar di Southern California Open menjadi yang keempat sepanjang karier Samantha Stosur di nomor tunggal. Sebelumnya ia menjadi juara di turnamen di Osaka 2009, Charleston 2010, dan tentu saja di AS Terbuka 2011.