Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ganda Campuran Loloskan Tiga Wakil di Babak Ketiga

By Wisnu Nova Wistowo - Selasa, 6 Agustus 2013 | 19:08 WIB
Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (Peksi Cahyo/BOLA)

Indonesia meraih hasil positif di nomor ganda campuran dengan menempatkan tiga wakil di babak ketiga Kejuaraan Dunia 2013 di Guangzhou. Pasangan Riky Widianto/Richi Puspita Dili menjadi pelengkap kesuksesan ganda campuran Tanah Air, Selasa (6/8).

Sebelumnya pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto dan Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sudah lebih dulu berhasil mencapai babak ketiga. Rijal/Debby lolos setelah mengalahkan pasangan Jepang 10-21, 21-17, 21-11, sedangkan Tontowi/Liliyana menang atas Ong Jian Guo/Lim Yin Loo 21-14, 21-11. Riky Widianto/Richi Puspita Dili menutup sukses tim ganda campuran Merah Putih berkat keberhasilan menyingkirkan ganda Taiwan, Liao Min Chun/Chen Hsiao Huan dengan skor akhir 21-8, 22-20.

"Saya rasa lolosnya Rijal/Debby merupakan hasil yang cukup baik. Tontowi/Liliyana juga tampil bagus, di atas kertas mereka memang sudah seharusnya menang," kata Rexy Mainaky, Manajer Tim Indonesia seperti dilansir PBSI.

Satu-satunya ganda campuran yang tidak berhasil mencapai babak ketiga ada Fran Kurniawan/Shendy Puspa Irawati usai dikalahkan pasangan Hongkong Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah. Fran/Shendy mengalami kekalahan dua gim langsung dengan 21-18, 21-17.

"Penampilan Fran/Shendy sangat mengecewakan, mereka bermain tidak fokus. Padahal sebelumnya pernah bertemu, seharusnya sudah tahu permainan lawannya seperti apa. Saya juga melihat Fran/Shendy kurang memiliki daya juang," lanjutnya.