Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tommy Sugiarto Tak Berdaya Hadapi Lee Chong Wei

By Tulus Muliawan - Jumat, 9 Agustus 2013 | 21:09 WIB
Lee Chong Wei, masih terlalu tangguh bagi Tommy. (ChinaFotoPress/Getty Images)

Tommy Sugiarto gagal mewujudkan mimpinya mengalahkan Lee Chong Wei untuk kali pertama. Pada pertemuannya di babak Perempat Final Kejuaraan Dunia 2013, Jumat (9/8) malam, Tommy kembali menelan kekalahan.

Pada pertandingan tersebut, Tommy tak mampu menunjukkan penampilan terbaiknya. Sebaliknya, Chong Wei tampil luar biasa, berbeda dari yang diperlihatkannya kala berjumpa Dionysius Hayom Rumbaka di babak sebelumnya.

Hasilnya, Tommy kalah telak 6-21, 9-21 dari pemain nomor satu dunia asal Malaysia tersebut, dalam tempo setengah jam. Usai pertandingan, Tommy mengaku banyak melakukan kesalahan sendiri sehingga Chong Wei bisa menang besar.

Sementara itu pelatih Joko Suprianto mengatakan bahwa Tommy sering menemui keraguan saat ingin mengembalikan bola. Joko juga meilai seharusnya Tommy bisa lebih memberikan perlawanan pada Chong Wei.

"Yang paling membuat dia bingung adalah karena dia terlalu meninggikan lawannya, sehingga dia tidak yakin, pukulannya bisa ditebak semua. Lemparan bolanya sudah tidak ada polanya," ujar Joko di laman PBSI.

"Tommy seperti dipermainkan Chong Wei. Kondisi psikis seperti membuat Tommy menjadi tidak yakin di lapangan," tutur Joko, menambahkan.