Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Man. United Tekuk Wigan 2-0 di Community Shield

By Zulfirdaus Harahap - Minggu, 11 Agustus 2013 | 19:28 WIB
Pemain Manchester United merayakan gelar Community Shield 2013 (Carl Court/Getty Images)

Manchester United berhasil menjadi juara Community Shield 2013. Bertanding menghadapi Wigan di Wembley Stadium, Minggu (11/8), Robin van Persie menjadi aktor yang mencetak dua gol sekaligus memberikan gelar pertama untuk manajer David Moyes.

Pertandingan baru memasuki usia tujuh menit, Manchester United sudah membuka keunggulan melalui sundulan Robin van Persie. Memanfaatkan umpan Patrice Evera dari sektor kiri, tandukan RvP gagal diselamatkan kiper Scott Carson. Manchester United 1-0 Wigan.

Wigan yang terkejut dengan gol cepat RvP, tampak kewalahan mengantisipasi serangan anak asuh David Moyes. Danny Welbeck nyaris menggandakan kedudukan andai tendangannya menemui sasaran.

Pada menit ke-16, Rafael da Silva harus ditarik keluar karena mengalami masalah pada kaki kirinya. Bek asal Brasil itu digantikan Cris Smalling.

Wigan bukan tanpa perlawanan. McClean nyaris menyamakan kedudukan andai tendangannya menemui sasaran. Sementara The Latics asyik menyerang, Manchester united memanfaatkan peluang lengahnya lini pertahanan anak asuh Owen Coyle.

Welbeck nyaris menggandakan keunggulan Setan Merah, namun Carson masih terlalu tangguh di bawah mistar Wigan. Kiper asal Inggris itu berhasil menepis tendangan keras Welbeck. Skor tidak berubah hingga turun minum dengan keunggulan 1-0 untuk Manchester United.

Memasuki paruh waktu babak kedua, kedua tim bermain dengan tempo sedang. Sesekali Manchester United mencoba masuk ke dalam pertahanan Wigan. Manchester United baru bisa menggandakan keunggulan lewat kaki RvP pada menit ke-59.

Pemain berpaspor Belanda itu mencetak gol keduanya dari luar kotak penalti saat arus bola mengalami perubahan usai mengenai bek Wigan. Carson yang tertipu akhirnya tidak mampu menghentikan derasnya laju bola.

Manchester United terus menggempur lini pertahanan Wigan. Namun, hingga peluit akhir babak kedua tidak ada lagi gol tercipta. Community Shield menjadi gelar pertama yang diberikan David Moyes setelah menggantikan peran Sir Alex Ferguson sebagai manajer Setan Merah.

Susunan Pemain Manchester United vs Wigan: