Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

PSIS Tetap Percaya Diri

By Kukuh Wahyudi - Selasa, 13 Agustus 2013 | 17:39 WIB
Divisi Utama

PSIS Semarang yakin bisa menembus Liga Super Indonesia (LSI) 2014. Berstatus sebagai juru kunci di Grup B dalam Babak 12 Besar Divisi Utama tak membuat mereka patah arang.

Pada putaran pertama, PSIS hanya mampu meraih satu poin dari laga imbang 2-2 kontra Persebaya. Kala menghadapi PS Bangka dan PSBS Biak tim besutan Firmandoyo itu takluk 1-2 dan 1-3.

"Sembilan poin harus kami raih di putaran kedua. Walaupun telat, kami tetap optimistis bisa mengakhiri Babak 12 Besar dengan hasil bagus," kata Asisten Pelatih PSIS, Eko Purjianto.

Evaluasi juga telah dilakukan tim pelatih. Kesalahan sendiri yang sering berujung pada malapetaka diharapkan tak terjadi lagi.

"Sebenarnya kami menguasai pertandingan. Namun, gol terjadi karena kesalahan sendiri," ujar Eko.

Kontra PS Bangka menjadi laga perdana di putaran kedua pada 19 Agustus 2013. Kini, Imral Usman dkk. masih menjalani masa libur hingga 13 Agustus.

14 Agustus direncanakan tim akan efektif dalam mempersiapkan putaran kedua. Latihan nantinya akan diisi dengan tes fisik.

Kebijakan tersebut untuk mengantisipasi kondisi fisik pemain menurun usai libur panjang sejak menghadapi PSBS (8/7).
Tim pelatih sebenarnya telah mengantisipasi kondisi tersebut. Para pemain dihimbau untuk tetap menjaga fisik mereka.

"Kami sebenarnya mewajibkan pemain agar tetap melakukan game setidaknya tiga kali sepekan. Bila itu dilakukan, semua bisa diasah. Selain menjaga kondisi fisik, feeling bola juga bisa dilatih," ucap Eko.

Bila berhasil menyapu bersih poin, PSIS total dapat mengoleksi 10 poin. Dari Jumlah tersebut, Laskar Mahesa Jenar memang berpeluang untuk lolos. Kini pesaing terberat mereka adalah Persebaya yang bercokol diurutan pertama Grub B dengan tujuh poin. Di bawahnya ada PSBS (6) dan PS Bangka (3).