Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Irak Kalah, Cina dan Arab Saudi Tak Bermain

By Riemantono Harsojo - Kamis, 15 Agustus 2013 | 11:02 WIB
Stefano Lilipaly (Arief Bagus)

0 di Solo pada Rabu (14/8), salah satu lawan Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2015, Irak, juga melakoni pertandingan persahabatan, sementara dua lawan lain Pasukan Garuda, yakni Cina dan Arab Saudi, tidak bermain.

Irak menjalani pertandingan uji coba di Brondby, Denmark, melawan Cili pada Rabu (14/8). Dalam pertandingan tersebut Irak kalah telak 0-6. Indonesia sudah memainkan satu pertandingan melawan Irak di kualifikasi menuju Piala Asia 2015 yang akan dimainkan di Australia. Pada awal tahun ini, Indonesia, yang saat itu masih dilatih Nil Maizar, kalah 0-1 dari Irak.

Sementara itu, Cina tidak memanfaatkan jadwal pertandingan FIFA pada 14 Agustus kemarin untuk melakoni laga uji coba internasional A. Namun, Cina pada bulan Juli lalu telah memainkan tiga pertandingan di Piala Asia Timur di Korea Selatan dengan hasil imbang 3-3 dengan Jepang, seri 0-0 dengan Korea Selatan, dan menang 4-3 atas Australia.

Pada Piala Asia Timur tim nasional Cina dibesut oleh Fu Bo. Ia menjadi pelatih kepala sementara Cina menyusul dipecatnya pelatih asal Spanyol, Jose Antonio Camacho, setelah kekalahan memalukan 1-5 dari Thailand dalam laga uji coba di kandang sendiri pada Juni.

Sebelum melawan Indonesia di Jakarta pada 15 Oktober, Cina akan menjajal dua tim Asia Tenggara yang mereka anggap memiliki gaya permainan serupa dengan timnas Garuda, yakni Singapura dan Malaysia pada September nanti.

Arab Saudi juga tidak memanfaatkan FIFA Matchday. Arab Saudi baru akan menjalani pertandingan uji coba pada September mendatang melawan Selandia Baru. Pada Maret lalu di Jakarta, Arab Saudi mengalahkan Indonesia 2-1.