Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Martinez akan Kesulitan Mengikuti Langkah Moyes

By Zulfirdaus Harahap - Jumat, 16 Agustus 2013 | 00:22 WIB
Roberto Martinez (kanan) (Michael Regan/Getty Images)

Keberhasilan Roberto Martinez membawa Wigan menjadi juara Piala FA, lantas memikat Everton untuk meminang manajer berpaspor Spanyol itu. Langkah itu diambil setelah David Moyes beralih ke klub asal kota Manchester. Namun, Martinez diprediksi akan kesulitan meniru jejak Moyes menstabilkan performa The Toffees di Premier League.

David Moyes berhasil membawa Everton sebagai tim papan tengah di Premier League. Meski tidak mendatangkan gelar apapun, namun kestabilan tersebut membuat Moyes berkarier hampir sepuluh musim di Goodsion Park. Hal ini yang menjadi pekerjaan penting bagi Roberto Martinez yang ditunjuk menjadi suksesor Moyes di Everton.

Legenda Liverpool sekaligus pundit Sky Sports, Graeme Souness, berpendapat bahwa Martinez akan kesulitan untuk menyamai rekam jejak Moyes bersama Merseyside Biru.

"Everton memiliki musim yang baik tahun lalu dan telah memiliki beberapa musim baik tahun-tahun sebelumnya. Kedatangan Martinez sebagai pengganti Moyes tentu akan menjadi pembeda. Saya yakin dia tidak akan terlalu banyak mendatangkan perubahan dan Everton tidak akan mengalami perubahan drastis musim ini," jelas Souness.

Piala FA tentu menjadi prestasi tersendiri bagi Martinez dalam menapaki kerasnya dataran Inggris. Namun, target tinggi harus dipasang untuk sebuah harapan meraih gelar Premier League, atau minimal langkah berbicara di kancah Eropa.

"Jangan memperburuk posisi klub dari apa yang telah Moyes berikan dan datangkan sebuah piala untuk Everton. Mereka tidak akan bisa meraih Premier League jika belum mampu memberikan piala yang levelnya lebih renda dari itu," tegas Souness.