Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Minim Sponsor, NextGen Series 2013/14 Tak Bergulir

By Oka Akhsan M. - Jumat, 16 Agustus 2013 | 18:05 WIB
Viktor Fischer (Getty Images)

Kompetisi yang dianggap sebagai Liga Champion bagi pemain muda, NextGen Series, dipastikan tak bergulir pada musim 2013/14. Pihak penyelenggara tak memiliki dana untuk memutar kompetisi karena minimnya sponsor.

NextGen Series diperkenalkan pada 2011 dan diikuti oleh tim U-20 beberapa klub besar Eropa, seperti Barcelona, Internazionale, PSG, Aston Villa, Chelsea, dan Arsenal. Kompetisi ini dianggap penting bagi pengembangan pemain muda Benua Biru.

Meski demikian, pihak penyelenggara memastikan kompetisi hanya ditiadakan musim ini saja. Musim depan, NextGen Series akan kembali bergulir karena pihak penyelenggara telah berhasil mendapatkan sponsor.

"Kami bersyukur karena telah mendapatkan dukungan yang luar biasa dari kalangan industri sepak bola, media, dan fan," kata Justin Andrews dan Mark Warburton, penggagas NextGen Series, seperti dilansir Daily Mail.

"Sungguh mengecewakan karena kompetisi yang didisain untuk membantu pengembangan pemain muda di Eropa harus ditiadakan pada tahun ini. Namun, kami berharap bisa kembali tahun dengan turnamen yang lebih baik lagi," ujar mereka.

Juara edisi musim lalu adalah Aston Villa setelah mengalahkan Chelsea 2-0 di final yang digelar di Como, Italia. Beberapa pemain alumnus NextGen Series di antaranya adalah Tony Watt (Celtic), Gary Gardner (Aston Villa), Nathan Ake (Chelsea), dan Viktor Fischer (Ajax)