Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ganda Tembus Posisi Dua Dunia, Tommy Keenam

By Eky Rieuwpassa - Senin, 19 Agustus 2013 | 21:52 WIB
Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan (Erly Bahtiar/Bolanews)

satunya pemain Indonesia yang mampu menembus perempatfinal Kejuaraan Dunia Bulu tangkis 2013 di Guangzhou, Cina, mengangkat posisi Tommy Sugiarto di peringkat dunia.

Berdasarkan susunan peringkat dunia terbaru dari Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) yang dilansir Senin (19/8), Tommy berhasil menembus posisi enam besar dunia nomor bergengsi tunggal putra. Tommy naik dua tingkat dibandingkan posisi sebelumnya. Dia kini mengumpulkan 57737,9500 poin dari 16 turnamen yang diikutinya. Putra juara dunia 1983, Icuk Sugiarto itu juga menjadi satu-satunya pemain Indonesia yang mampu masuk jajaran 10 besar tunggal putra dunia.

Pemain Indonesia lainnya, Sony Dwi Kuncoro terlempar ke luar 10 besar dunia ke urutan 11 setelah sebelumnya bertengger di urutan sembilan dunia. Pemain Indonesia yang masuk jajaran 50 besar dunia adalah Dionysius Hayom Rumbaka (peringkat 26), Yunus Alamsyah (29), dan Taufik Hidayat (50).

Pencapaian Tommy tidak terlepas dari penampilannya yang makin konsisten tahun ini. Dari lima turnamen yang sudah diikutinya, Tommy selalu mampu menembus perempatfinal. Bahkan dia sukses menjadi finalis Jerman Terbuka dan kemudian merebut gelar di Singapura Terbuka.

Terakhir pada Kejuaraan Dunia di Guangzhou, Tommy menapak sampai perempatfinal. Langkahnya hanya mampu dihentikan oleh unggulan utama Lee Chong Wei dari Malaysia.

Sementara itu dalam nomor lainnya, ganda putra terbaik Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, melesat ke peringkat dua dunia dari ranking lima setelah meraih gelar juara dunia di Guangzhou. Ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang juga sukses meraih juara dunia berada di ranking dua dunia.