Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Gagal Raih Juara Piala AFF U-16

By Tulus Muliawan - Senin, 2 September 2013 | 22:09 WIB

16 gagal meraih gelar juara Piala AFF U-19 setelah ditaklukkan Malaysia di partai final. Bermain di Stadion Wunna Theikdi, Naypytaw, Myanmar, Senin (2/9), Indonesia kalah adu penalti 3-2.

Sebelum tos-tosan, pertandingan berakhir imbang 1-1 di waktu normal. Indonesia sebenarnya mampu mencetak gol lebih dulu pada menit ke-27.

Umpan terukur Reska Maulana berhasil dimaksimalkan dengan tenang oleh Gatot Wahyudi. Sepakan mendatar kaki kirinya tak bisa dihadang kiper Malaysia.

Di sisa waktu pertandingan berjalan alot. Baik Indonesia ataupun Malaysia bergantian menyerang. Namun, usaha kedua tim masih gagal.

Kemenangan yang sudah di depan mata harus sirna kala Syarul Akmal menghujam gawang Indonesia yang dijaga Panggeh lewat titik putih pada masa injury time. Kondisi tersebut memaksa pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti.

Sempat unggul 2-0 lebih dulu oleh eksekusi Samuel Christianson dan Anang Kustiawan, tiga penendang terakhir Indonesia, yakni Reksa, Asnawi Bahar dan Gatot justru menyamai kegagalan Mahir Radja Djamaoeddin saat menjadi eksekutor pertama.

Sementara di kubu Malaysia, Haykal dan M. Gafar gagal menjalankan tugasnya. Akan tetapi, tertutupi oleh keberhasilan tiga penendang terakhir. Gol penetu dipersembahkan oleh kiper sang kiper, Nazq, dengan men-chop bola yang memperdayai Panggeh.