Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Figo Calon Pewaris Leonardo

By Tulus Muliawan - Selasa, 3 September 2013 | 20:14 WIB
Luis Figo, opsi PSG. (Marco Luzzani/Getty Images)

Germain beroperasi tanpa direktur sepak bola setelah Leonardo meninggalkan posisinya pada 16 Juli. CEO Jean Claude-Blanc menambal lubang untuk sementara tapi klub berniat mencari pengganti. Ada dua opsi bagi Paris: Luis Figo dan Pedro Pauleta.

Nama pertama adalah favorit manajemen teras atas Paris. Pekerjaan utama Figo sekarang adalah sebagai duta mantan klubnya, Internazionale. Menurut koran Les Parisien, Figo tepat bagi kriteria yang dicari Nasser Al-Khelaifi, sang presiden.

Figo berprofil tinggi dan memenangi banyak titel, termasuk tiga kali juara Serie A bersama Inter dan empat La Liga bersama Madrid serta Barcelona. Ia juga bagian dari tim Galacticos pertama Madrid juara Liga Champion 2002. Koleksi gelar individunya antara lain pemenang Ballon d'Or 2000 dan Pemain Terbaik FIFA 2001.

Alhasil, Figo punya banyak koneksi ke klub-klub terbesar Eropa dan ia menguasai beberapa bahasa, termasuk Italia yang dikatakan koran Le Parisien sebagai bahasa sehari-hari level manajemen atas Paris. Secara esensi, Figo adalah Leonardo anyar.

Paris juga mempunyai opsi lain dalam diri Pedro Pauleta. Kompatriot Figo ini adalah legenda dan top scorer sepanjang masa Paris dengan 109 gol dari 212 laga selama memperkuat PSG antara 2003-08. Tapi, Pauleta harus membangun jaringan ke klub-klub elite dari awal karena pengalaman bermainnya tak seterang Figo ataupun Leonardo.

Sejauh ini klub ibu kota Negeri Mode itu belum memantapkan pilihan.