Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alasan Emanuele Giaccherini Meninggalkan Juventus

By Jaka Sutisna - Kamis, 5 September 2013 | 00:51 WIB
Emanuele Giaccherini (Getty Images)

Emanuele Giaccherini akhirnya mengungkapkan alasannya di balik keputusan meninggalkan Juventus di musim panas 2013. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab pilihannya bergabung ke Sunderland.

Emanuele Giaccherini hijrah ke Sunderland seusai dirinya bermain memukau bersama tim nasional Italia di Piala Konfederasi Brasil 2013. Untuk mendapatkan jasa Giaccherini, The Black Cats harus membayar biaya transfer senilai 7,5 juta euro kepada Juventus.

Giaccherini mengakui, salah satu faktor utama yang mempengaruhi keputusannya untuk pindah adalah soal menit bermain. Meski demikian, Giaccherini mengungkapkan, tak mudah memutuskan pindah ke Sunderland. Sebab, banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan bermain di luar negeri.

"Meninggalkan Juventus adalah keputusan yang sangat sulit untuk dibuat. Sulit karena saya harus meninggalakn banyak teman, rekan setim, dan Pelatih Antonio Conte yang telah mengubah karier saya," ujar Giaccherini.

"Saya mempertimbangkan banyak faktor, bukan aspek ekonomi saja. Salah satu alasan yang membuat saya meninggalkan Juventus karena saya ingin bermain lebih teratur," tutur Giaccherini.

"Seorang pemain harus memikirkan dirinya juga. Saya ingin menjadi tokoh utama dalam tim. Namun, bukan berarti peran tersebut tak saya peroleh di Juventus, sebab setiap kali dibutuhkan saya selalu bisa memberikan kontribusi untuk tim. Masalahnya, saya hanya ingin bermain lebih sering," ungkap Giaccherini seperti dikutip dari Football Italia.