Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Keluhkan Lintasan Sirkuit Silverstone

By Tulus Muliawan - Kamis, 5 September 2013 | 03:26 WIB
Valentino Rossi (Mirco Lazzari gp/Getty Images)

Grand Prix Inggris yang digelar akhir pekan lalu memakan banyak korban. Dua diantaranya adalah rider muda Repsol Honda Marc Marquez dan jagoan baru tuan rumah Cal Crutchlow. Valentino Rossi menilai ada kejanggalan pada kedua insiden tersebut.

Menurut rider Yamaha tersebut, lintasan Sirkuit Silverstone kurang layak untuk menggelar ajang balap motor sekelas Motogp. Pasalnya, kontur lintasan yang kurang stabil bisa membahayakan para pebalap.

Juara dunia enam kali itu berharap pihak berwenang bisa segera memperbaiki kondisi lintasan, agar kejadian serupa tidak  terulang lagi di kemudian hari.

“Sirkuit ini sangat berbahaya bagi para pebalap. Terutama di bagian yang bergelombang. Di bagian itu umumnya pebalap melakukan pengereman, sehingga membuat tumpuan ada pada ban. Pada posisi itulah pebalap bisa terjatuh," ujar Rossi di situs Autosport.

“Harusnya pihak sirkuit bisa segera melakukan perbaikan. Mungkin bisa lebih diperhalus. Saya tidak tahu jika itu memungkinkan, tapi tidak ada salahnya dicoba. Kondisi ini sangat berbahaya bagi pebalap Motogp,” ucap rider asal Italia itu.