Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gresik United Tundukan Barito 2-0

By Kukuh Wahyudi - Kamis, 5 September 2013 | 21:28 WIB
Indonesia Super League

0 di Stadion Petrokimia, Gresik.

Top skor Barito, Coulibaly Djibril, gagal menambah koleksi golnya setelah pada menit ke-13 dihadiahi kartu merah oleh wasit Maulana Nugraha. Striker asal Mali tersebut terlibat insiden perkelahian dengan pemain bertahan Gresik, Sasa Zecevic. Untuk Sasa hanya diberikan kartu kuning.

Kejadian tersebut disayangkan oleh Pelatih Gresik, Widodo Cahyono Putro. Baginya, kedua pemain asing tersebut seharusnya menjadi contoh buat pemain lokal dan juga penonton yang menyaksikan, bukan justru menimbulkan masalah.

Setelah bermain dengan 10 pemain, Laskar Antasari bermain lebih bertahan. Gresik pun sulit menembus pertahanan lawan.

"Pada babak kedua kami coba merubah strategi permainan. Skema itu berhasil untuk memancing pemain bertahan Barito keluar, sehingga kami bisa memanfaatkan celah di lini belakang," kata Widodo C.P.

Alhasil, tuan rumah mampu mencetak gol dari aksi Sultan Samma (52') dan Shohei Matsunaga (84'). Suntikkan tiga poin membuat Laskar Joko Samudro menggusur posisi Persija di peringkat ke sembilan. Sementara untuk Barito membuat mereka tetap terpaku di posisi keenam dengan 50 angka.

Sementara di pertadingan lainnya, Arema mendapatkan tambahan tiga poin setelah berhasil mengalahkan Persiba di Stadion Kanjuruhan, Malang, Kamis (5/9) sore WIB. Bermain di hadapan ribuan Aremania, Greg Nwokolo dkk. menang dengan skor 2-1.

Persela juga sukses menekuk tamunya, Persiwa, dengan skor besar 4-0 di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (5/9). Gol dicetak oleh Zaenal Arifin (2), Fandi Eko Utomo, dan Jimmy Suparno.

Sementara itu, satu-satunya tuan rumah yang kalah adalah Persepam Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Madura. Pasukan Daniel Roekito itu kalah 3-0 dari Persipura.