Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ini Alasan Ajax Menjual Eriksen

By Beri Bagja - Kamis, 5 September 2013 | 22:57 WIB
Christian Eriksen (Paul Gilham/Getty Images)

Pendukung Ajax Amsterdam sempat mengkritisi kebijakan klub menjual pemain bintang mereka, Christian Eriksen, ke Tottenham Hotspur pada bursa musim panas lalu.

Setelah melepas Eriksen seharga 13,5 juta euro, Ajax "hanya" mendatangkan penggantinya dalam rupa Lerin Duarte. Ia cuma bernilai tiga juta euro saat direkrut dari Heracles. Hal itu berarti Ajax mendapatkan surplus 10,5 juta dari hasil transaksi kedua pemain.

Direktur olah raga yang juga mantan andalan De Amsterdammers, Marc Overmars, menegaskan penjualan Eriksen dilakukan demi kebaikan klub sendiri. Kendati berat melepas sang bintang, alasan tersebut akhirnya bisa diterima segelintir pendukung Ajax.

"Kami para suporter mendapatkan penjelasan secara baik dari klub. Tak ada lagi pemain bergaji selangit di sini. Juga tidak ada transfer gila-gilaan. Klub konsisten menjalankan prinsip tersebut dan tetap bisa menjuarai liga tanpa mereka," ucap Daniel Dekker, Ketua Persatuan Suporter Ajax, kepada Algemeen Dagblad, Kamis (5/9).

Musim lalu, gaji Eriksen memang terbilang raksasa di Ajax. Laporan di situs Ajaxshowtime menyebutkan pemuda asal Denmark itu bisa beroleh sampai satu juta euro lebih jika menghitung bonus dalam pendapatannya. Buat Spurs, jumlah sebanyak itu tentu bukan masalah besar.