Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Skotlandia Lebih Kompetitif Ketimbang Spanyol

By Verdi Hendrawan - Jumat, 6 September 2013 | 00:32 WIB
Jose Maria del Nodo (kiri), ingin La Liga tiru Liga lain. (John Peters/Getty Images)

Presiden klub Sevilla, Jose Maria del Nido, kini kembali menyuarakan pendapatnya mengenai tidak meratanya pembagian distribusi pendapatan yang diterima oleh semua klub yang ada di La Liga Spanyol. Hal ini membuat Del Nido percaya bahwa Liga Skotlandia (Scottish Premier League) lebih kompetitif dari La Liga.

Real Madrid dan Barcelona masing-masing mendapatkan keuntungan 25 persen dari hak siar televisi. Hal ini lah yang membuat tidak meratanya kekuatan yang ada di La Liga, bahkan beberapa klub seperti Sevilla, Valencia, Malaga dan klub-klub yang lebih kecil lagi sempat hampir bangkrut.

Jose Maria del Nido yang merupakan orang yang paling mengkritisi hal ini kembali melontarkan hinaannya dengan mengatakan bahwa La Liga tidak lebih kompetitif dari Scottish Premier League.

"Scottish Premier League lebih kompetitif dibanding La Liga. Di sini, tim yang finis pertama dan kedua memiliki sekitar 40 poin lebih banyak dari tim yang gagal masuk ke zona Eropa (6 besar), dan ini adalah satu-satunya kompetisi, di mana tim pertama dan kedua memiliki hampir 70 poin lebih banyak dari tim terbawah," tutur Del Nido kepada Football Espana.

"Hal pertama yang saya harapkan adalah penjualan hak televisi dilakukan secara kolektif. Kami juga berharap untuk mendapat distribusi yang adil sehingga memiliki Liga yang kompetitif,"

"Apakah Anda percaya bahwa sebuah tim dengan anggaran sebesar 30 juta euro, jika mereka menerima tambahan 15 juta euro dari hak siar, akan memiliki tim yang sama kuat? Tidak, ini tidak akan membuat Liga menjadi lebih kompetitif,"

"Liga-Liga di Eropa memilii persaingan yang lebih dekat karena mereka memiliki kesepakatan hak siar secara kolektif. Lihat saja Inggris, Prancis, dan Italia. Tidak ada distribusi berskala 10 banding satu di sana," ungkap Del Nido.