Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rafael Nadal Tantang Novak Djokovic di Final

By Tulus Muliawan - Minggu, 8 September 2013 | 06:17 WIB
Rafael Nadal, ke final usai menekuk Gasquet. (Matthew Stockman/Getty Images)

Rafael Nadal berhasil meraih tiket ke babak Final AS Terbuka 2013 usai menekuk Richard Gasquet di semifinal, Minggu (8/9) pagi WIB. Di final, Nadal sudah ditunggu petenis nomor satu dunia Novak Djokovic, yang lolos usai menekuk Stanislas Wawrinka.

Pada laga semifinal, Nadal tidak mendapat perlawanan berarti dari Gasquet. Gasquet yang lolos setelah menundukkan David Ferrer itu hanya mampu memaksa Nadal bermain tie break pada gim kedua.

Meski tampil menyerang di gim kedua, kemenangan tetap menjadi milik Nadal. Bintang tenis asal Spanyol itu menyudahi pertandingan dengan skor 6-4, 7-6, 6-2 dalam waktu satu jam 21 menit.

Pada laga sebelumnya, Djokovic telah lebih dulu lolos usai menghentikan Wawrinka lewat pertarungan ketat lima gim yang berakhir dengan skor  2-6 7-6 3-6 6-3 6-4.

Jika dilihat dari rekor pertemuan, Nadal masih unggul 21 kemenangan berbanding 15 kemenangan milik Djokovic. Tahun ini, kedua petenis telah berjumpa tiga kali di Master Monte Carlo, Master Montreal, dan Prancis Terbuka. Dari ketiga laga tersebut, Nadal berhasil memenangi dua laga, sedangkan sisanya dimenangi Djokovic.

Pertemuan Nadal dan Djokovic di final diprediksi akan berjalan menarik dan menghibur pecinta tenis Amerika. Para penikmat tenis juga akan disuguhi pertarungan Serena Williams kontra Victoria Azarenka di kategori putri. Babak final tunggal putra akan berlangsung Selasa (10/9) dinihari WIB, sedangkan final putri digelar Senin (9/9) dinihari WIB.