Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jelang Laga Serena Kontra Azarenka, Peluang 50-50

By Tulus Muliawan - Senin, 9 September 2013 | 00:32 WIB
Serena Williams dan Victoria Azarenka, di final AS Terbuka 2012. (Al Bello/Getty Images)

Laga sengit antara Serena Williams kontra Victoria Azarenka akan tersaji di Artur Ashe, New York, Senin (9/9) pagi WIB. Pertandingan ini akan sangat menarik lantaran kedua petenis punya peluang menang yang sama besar.

Berdasarkan catatan kemenangan tahun ini, Serena punya catatan lebih baik dari Azarenka. Serena mencatatkan rekor menang kalah 60-4, sedangkan Azarenka 36-4. Ratu tenis Amerika itu juga berhasil merebut delapan trofi juara, sedangkan Azarenka hanya tiga trofi.

Meski statistik menunjukkan Serena unggul, namun prestasi Azarenka tidak bisa dianggap remeh. Petenis asal Belarusia itu berhasil mengawali musim 2013 dengan hasil manis. Gelar juara Grand Slam Australia Terbuka 2013 direbutnya setelah menekuk petenis Cina, Li Na.

Petenis veteran spesialis ganda campuran, Max Mirnyi, menilai Serena dan Azarenka punya peluang yang sama. Prediksi itu diberikan Mirnyi lantaran ia pernah beberapa kali berpasangan dengan kedua petenis.

Mirnyi pernah tampil bersama Serena remaja pada 1998. Saat itu, Mirnyi dan Serena sukses merebut gelar juara di ajang Wimbeldon dan AS Terbuka. Mirnyi juga tampil bersama Azarenka saat merebut medali emas Olimpiade London 2012.

"Kedua petenis punya peluang yang sama karena mereka sama hebat. Saya tidak pernah membayangkan sebelumnya kedua petenis ini akan mengukir prestasi gemilang di dunia tenis internasional," tutur petenis berusia 36 tahun itu di situs WTA.

"Saya bangga pernah berpasangan dengan mereka. Saya juga menjadi salah satu petenis yang paling beruntung karena meraih banyak prestasi, sementara Serena dan Azarenka memilih bermain di nomor tunggal," ujar petenis asal Belarusia itu.

Mampukah Serena mempertahankan gelar juara yang diraihnya tahun lalu? Atau jusrtu Azarenka yang mampu membalaskan dendamnya di final tahun lalu, sekaligus meraih gelar perdana AS Terbuka?

Siapapun pemenangnya, yang jelas publik Flushing Meadows berharap kedua petenis bisa menampilkan pertarungan yang menarik. Mereka berharap mendapat hiburan akhir pekan yang tak terlupakan.

Catatan pertemuan Serena dan Azarenka pada 2013 :

Final Master Cincinnati : Victoria Azarenka vs Serena Williams 2-6 6-2 7-6(6)
Final Master Roma       : Serena Williams vs Victoria Azarenka 6-1 6-3
WTA Doha                : Victoria Azarenka vs Serena Williams 7-6(6) 2-6 6-3
WTA Brisbane            : Serena Williams vs Victoria Azarenka WO