Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sebelum ke Malaysia, Timnas Siapkan Tiga Uji Coba

By Tulus Muliawan - Senin, 9 September 2013 | 01:52 WIB
Timnas Indonesia U-16 (Stefan Sihombing/Bolanews)

up Piala AFF U-16, Tim Nasional Indonesia U-16 langsung mempersiapkan diri untuk berlaga di kualifikasi Piala AFC U-16, yang akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Tergabung di Grup J, Garuda Muda akan tampil satu grup dengan Vietnam, Jepang, dan Filipina. Sebagai persiapan, Pelatih Timnas U-16, Sutan Harhara, menggelar pelatnas di Yogyakarta.

Dalam pelatnas tersebut, Sutan memanggil 28 pemain yang kemudian dikurangi menjadi 23 pemain, sesuai persyaratan resmi. Sutan berharap timnas mendapat tiga lawan uji coba sebelum berangkat ke Malaysia.

“Saya sesungguhnya ingin membawa semua pemain. Mereka semua yang terbaik. Usai tampil di Piala AFF U-16, saya melakukan penambahan pemain sehingga skuat benar-benar kuat,” ujar Sutan.

“Babak kualifikasi digelar di tempat netral. Ini tentu menguntungkan kami karena bersaing dengan tim-tim tamu lainnya. Saya terus melakukan pembenahan untuk memperbaiki kekurangan dari pencapaian anak-anak di Piala AFF U-16 yang lalu,” kata Sutan.

Sutan ingin memanfaatkan uji coba tersebut untuk melakukan evaluasi tim. Karena itu, dia akan menurunkan dua tim berbeda di setiap uji coba.

“Untuk laga uji coba, saya ingin melakukannya pada 15, 17 dan 19 September. Saya belum tahu siapa yang akan menjadi lawan kami, tapi saya sudah menyodorkan program uji coba. Yang penting, lawan yang dihadapi adalah tim yang usianya satu tahun di atas pemain timnas,” tutur Sutan.