Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tito Vilanova Kembali

By Andrew Sihombing - Selasa, 10 September 2013 | 09:38 WIB
Tito Vilanova ( David Ramos/Getty Images)

Tito Vilanova akhirnya kembali menginjakkan kaki di lapangan latihan tim akademi Barcelona di Ciutat Esportiva Joan Gamper pada Minggu (8/9) pagi waktu setempat. Inilah penampilan publik pertamanya di lingkungan klub usai mundur dari jabatan pelatih tim utama Barcelona pada pertengahan Juli silam.

Kehadiran Tito, yang mengenakan kacamata hitam dan topi untuk melindungi diri dari sengatan matahari, di bagian sudut lapangan menjadi perhatian tersendiri bagi awak media lokal. Seperti dilansir El Mundo Deportivo, Tito didampingi sang istri, Montse Chaure, dan mantan asistennya, Jordi Roura, hadir untuk melihat penampilan putranya, Adria Vilanova, memperkuat tim Barcelona Juvenil B menghadapi El Prat.

Kehadiran Tito menjadi motivasi tersendiri bagi sang anak. Dalam laga yang berakhir dengan skor 2-1 bagi Barcelona itu, Adria mencetak gol kemenangan tuan rumah. Gol itu didedikasikan Adria pada sang ayah, yang merupakan panutan baginya.

Sebagaimana diketahui, Tito akhirnya membuat keputusan mengejutkan dengan mundur dari jabatan pelatih Barca pada 19 Juli lalu karena ingin berkonsentrasi pada proses pemulihan penyakit kanker kelenjar ludah yang dideritanya. Selama semusim menangani Xavi Hernandez cs. pada 2012/13, jebolan akademi La Masia ini mempersembahkan titel La Liga yang diiringi beberapa pemecahan rekor, yakni: koleksi 100 poin di akhir klasemen, torehan 115 gol, paruh musim pertama terbaik klub (meraup 55 dari 57 poin maksimal), hingga selisih poin terjauh antara tim juara dengan runner-up.

Kendati masih harus berjuang melawan penyakit yang menggerogoti tubuhnya, Tito rupanya tak kehilangan minat pada strategi sepak bola. Ia terlihat mendiskusikan beberapa detail pertandingan Barcelona Juvenil B kontra El Prat itu dengan Roura. Direktur Tekni akademi junior Barcelona, Guilermo Amor, dan sekretaris teknik Albert Puig juga terlihat menyapa dan bergabung dengan Tito.

Penampilan publik pertama Tito usai pengunduran dirinya terjadi pada 9 Agustus lalu saat pria 44 tahun ini menghadiri konser penyanyi Pablo Alboran di Festival de Cap Roig (Girona). Saat itu, sejumlah penonton lain menghampiri Tito dan mendoakan kesembuhannya.

Selamat datang kembali, Mister!