Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kimi Raikkonen Resmi Gabung Ferrari

By Tulus Muliawan - Rabu, 11 September 2013 | 05:22 WIB
Kimi Raikkonen (Rainer W. Schlegelmilch/Getty Images)

Scuderia Ferrari menepati janjinya untuk menunjuk pebalap baru usai tampil di Grand Prix Italia, Minggu (8/9). Tim balap asal Italia itu resmi menunjuk Kimi Raikkonen sebagai pendamping Fernando Alonso untuk mengarungi musim 2014.

Sebelum kembali ke Ferrari musim 2014, Raikkonen pernah meraih gelar juara dunia pada 2007 bersama Ferrari. Namun, posisinya digeser Alonso pada 2009. Setelah dua tahun bergelut di dunia rally, pebalap 33 tahun itu kembali ke F1 dan bergabung dengan Lotus pada 2011.

Dengan kedatangan Raikkonen, Ferrari terpaksa melepas Felipe Massa yang selama ini menjadi pendamping Alonso. Pebalap asal Finlandia itu dikontrak selama satu tahun dengan opsi perpanjangan kontrak.

Sementara itu, Massa yang tampil bersama Ferrari sejak 2006, telah memberikan konfirmasi lewat akun Twitter pribadinya @Felipe1Massa bahwa ia akan meninggalkan Ferrari akhir musim ini.

"Pada 2014, saya tidak akan balapan bersama Ferrari lagi. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada tim (Ferrari) atas kemenangan dan momen tak terlupakan yang kita rasakan bersama," tulis Massa.

"Saat ini, saya hanya ingin fokus menyelesaikan tujuh seri tersisa dengan sebaik-baiknya."

"Musim depan, saya akan mendapatkan tim yang bisa memberikan mobil paling kompetitif untuk memenangi banyak seri dan menjadi juara dunia. Itu lah target saya."

Kepada BBC, Ferrari berjanji akan memberikan pernyataan resmi dalam waktu dekat.