Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Gagal di Taiwan, Rijal/Debby Dipisah Sementara

By Tulus Muliawan - Kamis, 12 September 2013 | 05:55 WIB
Muhammad Rijal/Debby Susanto (Erly Bahtiar/Bolanews)

Kegagalan pasangan ganda campuran Muhammad Rijal/Debby Susanto mempertahankan gelar juara di Taiwan Grand Prix Gold 2013 membuat kecewa banyak pihak. Dampaknya, mereka akan dipisahkan untuk sementara waktu.

Langkah itu diambil Pelatih Kepala Ganda Campuran PP PBSI, Richard Mainaky, untuk memaksimalkan permainan kedua pemain. Meski harus berpisah, Rijal/Debby akan tetap bermain bersama di ajang SEA Games Myanmar 2013.

Pasangan peringkat enam dunia ini secara mengejutkan dikalahkan oleh pasangan baru asal Korea, Lee Yong-dae/Shin Seung- chan, dengan skor 12-21, 21-15, 18-21, di babak Perempat Final Taiwan GP Gold.

“Setelah Indonesia GP Gold 2013, kita punya waktu untuk mencoba Rijal dan Debby dipasangkan dengan pemain lain yang lebih muda. Ini baik untuk mereka, supaya saat dipasangkan lagi mereka fresh. Sekarang kan seperti ada kejenuhan, sudah butek,' ujar Richard di situs resmi PBSI.

Rijal dan Debby dijadwalkan tampil dengan pasangan baru di beberapa ajang seperti Bitburger SaarLoxLux Open, Korea GP Gold, Hongkong Super Series, serta Macau GP Gold.

“Debby akan dicoba dengan Ronald (Alexander), sementara Rijal akan dicari pasangannya. Kemungkinan dari tim ganda putri yang akan bermain rangkap. Namun saya belum berwenang untuk mengumumkan karena harus diskusikan dulu dengan tim ganda putri,” tutur Richard.