Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Raikkonen Bukan Sosok yang Tepat untuk Ferrari

By Oka Akhsan M. - Kamis, 12 September 2013 | 21:39 WIB
Cesare Fiorio (Mark Thompson/Getty Images)

Kembalinya Kimi Raikkonen ke Ferrari pada 2014 tak disambut baik semua pihak. Eks Direktur Olah Raga Ferrari, Cesare Fiorio, justru tak setuju dengan keputusan Tim Kuda Jingkrak menggaet pebalap asal Finlandia itu.

Raikkonen akan meninggalkan Lotus pada akhir musim ini untuk menjadi partner baru Fernando Alonso menggantikan Felipe Massa. Akan tetapi, Fiorio menyatakan Raikkonen tak cocok dengan Ferrari.

"Saya tak setuju dengan keputusan tim membawa kembali Raikkonen. Saya mengagumi talentanya, tapi saya tak menyukai gaya hidup dan kemampuan teknisnya. Jika saya masih di Ferrari, saya tak akan memilih dirinya," kata Fiorio kepada La Gazzetta dello Sport.

Raikkonen memenangi titel juara dunia Formula 1 2007 pada musim perdananya bersama Ferrari. Ia meninggalkan Ferrari dan Formula 1 pada 2009 demi memberi jalan kepada Alonso.

Raikkonen sempat mencicipi ajang Kejuaraan Reli Dunia (WRC) selama dua tahun sebelum kembali ke Formula 1 bersama Lotus pada 2012. Kini Raikkonen sudah tak muda lagi. Ia akan berusia 34 tahun pada 17 Oktober mendatang.

"Menurut saya, Ferrari mengambil pilihan konservatif. Saya lebih memilih pebalap muda potensial daripada pebalap yang hampir berada di ujung karier," ujar Fiorio.