Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Indonesia Sisakan Dua Wakil di Semifinal

By Tulus Muliawan - Jumat, 13 September 2013 | 20:30 WIB
Markis Kido/Pia Zebadiah, tampil di semifinal. (Humas PP PBSI)

Indonesia tinggal menyisakan dua wakil pada babak Semifinal Cina Masters 2013. Dua wakil dari ganda campuran itu adalah Riky Widianto/Richi Puspita Dili dan Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadet.

Riky/Richi melaju ke babak empat besar setelah menekuk rekan sesama Indonesia, Praveen Jordan/Vita Marissa, lewat pertarungan tiga gim, 8-21, 21-14, 22-20. Sementara itu, Kido/Pia lolos setelah menyingkirkan wakil Korea, Shin Baek-choel/Jang Ye-na, 21-15, 21-19.

Sebetulnya Tim Merah-Putih mengirimkan tujuh wakil di perempat final, namun lima wakil lainnya gagal melangkah. Mereka adalah Markis Kido/Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari, Pia Zebadiah Bernadet/Rizki Amelia Pradipta, Lukhi Apri Nugroho/Annisa Saufika, dan Praveen Jordan/Vita Marissa.

"Pertandingan ini berlangsung ketat. Pada gim pertama Riky/Richi bermain ragu-ragu, kurang percaya diri dan terus tertekan, hampir tidak ada perlawanan. Selain itu, mereka juga kalah angin," ujar Nova Widianto, Pelatih Ganda Campuran PBSI.

Pada babak semifinal yang berlangsung Sabtu (14/9), Ricky/Richi akan menantang Yoo Yeon-seong/Eom Hye-won dari Korea. Sementara Kido/Pia sudah ditunggu peraih medali emas Olimpiade London 2012, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

“Peluang Riky/Richi melawan ganda Korea ini adalah 50:50. Mudah-mudahan mereka bisa memanfaatkan kesempatan ini dan melaju ke babak final,” kata Nova.