Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Taklukan Persiwa, Persib Catat Sejarah Baru

By Tulus Muliawan - Senin, 16 September 2013 | 05:52 WIB
Mbida Messi, mencetak gol penentu kemenangan Persib atas Persiwa. (Peksi Cahyo/Bolanews)

2. Tiga poin yang diraih di stadion Pendidikan Wamena, Minggu (15/9) sangat berarti karena menjadi sejarah baru bagi Maung Bandung.

Selama ini Persib selalu kesulitan jika tampil di Papua, apalagi di kandang Persiwa, yang dikenal angker bagi tim tamu. Namun, pada laga pamungkas musim ini Mbida Messi dkk. bisa menaklukan semua kendala yang dihadapi dan sukses menekuk tuan rumah.

Kemenangan yang diraih Maung Bandung sangat dramatis, pasalanya di babak pertama mereka sempat tertinggal 0-2 ketika Joy Aroy dan Nando Mote menjebol gawang Persib yang dikawal I Made Wirawan.

Tim tamu baru bisa memperkecil kemenangan pada menit ke-50 oleh M.Ridwan. Pemain pengganti, Airlanngga Sucipto, berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-85.

Gol emas Persib dicetak gelandang asal Kamerun, Mbida Messi, setelah memanfaatkan umpan silang dari Serginho van Dijk pada waktu tambahan.

Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, menyambut gembira kemenangan perdana di kandang Persiwa ini. Ia salut dengan perjuangan anak asuhannya yang tetap fokus dan tak patah semangat meski ketinggalan di babak pertama.

Kemenangan ini membuat Persib duduk di peringkat tiga klasemen sementara dengan koleksi 63 poin. "Penampilan anak-anak patut diacungi jempol. Lega akhirnya kami bisa menang di sini," kata Djajang.

Dengan kekalahan ini Persiwa dipastikan terlempar ke jurang degradasi. Sebab, pada laga lainnya Pelita Bandung Raya berhasil menahan imbang tuan rumah Barito Putra 1-1.