Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Uji Coba Mesin 2014 Yamaha Berjalan Lancar

By Tulus Muliawan - Selasa, 17 September 2013 | 06:36 WIB
Jorge Lorenzo, dengan motor prototipe Yamaha 2014. (Crashnet)

Setelah meraih hasil menggebirakan di Motogp San Marino, Minggu (15/9), Yamaha tidak langsung pergi meninggalkan Misano. Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi berkesempatan menjajal prototipe motor Yamaha musim 2014.

Pada uji coba yang digelar Senin (16/9) waktu setempat, Lorenzo dan Rossi tampil dengan motor baru yang siap digunakan pada musim 2014. Kedua rider balapan dengan sejumlah komponen anyar pada motornya.

Yamaha mengincar hasil maksimal pada musim 2014. Untuk itu, Tim Garpu Tala berusaha memaksimalkan performa motor YZR-M1 2014 sejak dini. Setelah mencoba girboks baru di GP San Marino, mereka kini menjajal mesin terbaru.

Dengan sejumlah perbaikan pada mesin 2013 dan ban baru Bridgestone, Lorenzo dan Rossi masing-masing melahap 67 dan 75 lap. Lorenzo finis dengan catatan waktu 1 menit 33,502 detik, 0,412 di depan Rossi.

"Tujuan utama kami adalah mendapatkan pengetahuan terbaik tentang mesin sehingga bisa memaksimalkan pengaturan untuk musim 2014. Kami juga bisa fokus mempersiapkan diri jelang tampil di Motorland (Aragon) dengan sejumlah perbaikan, salah satunya adalah piringan cakram yang lebih lebar," ujar Direktur Tim, Massimo Meregalli kepada Crashnet.

Uji coba ini juga ditanggapi positif oleh Lorenzo dan Rossi. Kedua rider itu menilai bahwa Yamaha telah melakukan banyak perubahan positif terhadap motornya. Mereka berharap upaya ini bisa memberikan hasil positif musim depan.

"Senang rasanya melihat hasil uji coba mesin terbaru untuk 2014. Kami menggunakan mesin 2013 dengan sejumlah tambahan komponen baru. Cuaca cerah hari ini juga sangat menguntungkan," ujar Lorenzo.

"Uji coba ini sangat penting bagi kami. Selain mencoba motor baru, kami juga sekaligus mempersiapkan diri untuk tampil di Aragon. Kami telah membuat perbandingan antara mesin 2013 dengan 2014, semoga kami bisa mendapatkan hasil terbaik," tutur Rossi.