Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Komposisi Inti Timnas U-16 Sudah di Tangan

By Tulus Muliawan - Kamis, 19 September 2013 | 23:23 WIB
Mundari Karya, asisten pelatih timnas U-16. (Tribun Pekanbaru)

16 sudah ada dalam genggaman Pelatih Sutan Harharah. Gambaran ideal dari tim tersebut diperoleh melalui rangkaian uji coba, termasuk saat menghadapi tim dari SMAN 1 Tanjungsari, Gunungkidul, di Lapangan UNY, Kamis (19/9).

Sebelumnya, timnas melakukan tiga uji coba. Menurut Asisten Pelatih Mundari Karya tak mudah mendapatkan komposisi tim inti yang ideal karena kualitas pemain yang merata. Mereka akan menjadi starting eleven saat berlaga di kualifikasi Piala AFC U-16 di Malaysia, 25 September mendatang.

“Kami sudah mendapatkan komposisi yang paling tepat. Dari uji coba itu, kami mendapatkan 11 pemain inti. Mereka kemungkinan besar menjadi tim utama di kualifikasi. Tidak mudah untuk menentukannya karena semua pemain memiliki kualitas teknik hampir sama,” ujar Mundari.

Pelatih Sutan juga terpaksa melakukan pengurangan pemain saat berlaga di kualifikasi. Saat ini ada 28 pemain yang mengikuti pelatnas di Yogyakarta. Sedangkan AFC menetapkan hanya 23 pemain yang didaftarkan.

“Dengan demikian, ada lima pemain yang harus dikembalikan ke klub. Banyak pertimbangan yang diambil sebelum memutuskannya. Mulai dari sisi medis, teknik dan terutama kondisi pemain. Hanya mereka dengan kondisi terbaik yang terpilih,” tutur Mundari.

Menurutnya materi inti tidak jauh berbeda dengan tim utama yang berlaga di Piala AFF U-16. Mereka bakal lebih solid dengan ditambah pemain yang baru dipanggil. Beberapa di antaranya akan masuk tim inti. Reksa Mulyana juga kembali ditunjuk sebagai kapten tim.

"Kami sudah melakukan persiapan mental dan teknik. Saya senang karena semua pemain menunjukkan kerja keras. Ini menjadikan persaingan di tim sangat ketat. Namun suasana di tim sangat menyenangkan dan penuh kekeluargaan," kata Reksa yang menempati posisi gelandang serang.