Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Antonio Conte Peringatkan Andrea Pirlo

By Jaka Sutisna - Selasa, 24 September 2013 | 21:11 WIB
Antonio Conte (Getty Images)

Ulah Andrea Pirlo yang langsung nyelonong masuk ke ruang ganti saat digantikan Claudio Marchisio dalam laga kontra Hellas Verona, membuat Antonio Conte merasa perlu memberikan penegasan soal aturan tak tertulis di klub yang harus ditaati setiap pemain. Conte menegaskan setiap pemain harus duduk di bangku cadangan setelah digantikan dalam sebuah pertandingan.

Andrea Pirlo, yang selama dua tahun terakhir jarang ditarik keluar di tengah pertandingan, dilaporkan ngambek saat digantikan Claudio Marchisio di partai kontra Hellas Verona.

Sebelumnya, Pirlo juga digantikan pada menit ke-86 dalam laga kontra Internazionale. Jika kala melawan I Nerazzurri Pirlo langsung duduk di bangku cadangan usai digantikan, lain cerita waktu ditarik keluar dalam pertandingan kontra Verona.

Selesai bersalaman dengan Marchisio, Pirlo mengacuhkan Conte. Ia langsung menuju ruang ganti tanpa menoleh ke sang pelatih. Peristiwa itu pun tertangkap kamera. Tak ayal pers ramai memberitakan jika Pirlo marah terhadap Conte.

Namun, Conte memiliki alasan logis di balik keputusannya menggantikan Pirlo. Menurut Conte, saat itu ia sengaja menggantikan Pirlo karena ia tak bermain maksimal akibat dijaga ketat oleh Jorginho.

Selain itu, faktor stamina Pirlo juga menjadi pertimbangan lain Conte mengingat tenaga Pirlo sangat dibutuhkan karena Juventus tengah melakoni jadwal super-padat.

Maka dari itu, Conte pun meminta kepada Pirlo agar tak berulah lagi dan mematuhi aturan tak tertulis klub di mana setiap pemain yang digantikan harus duduk di bangku cadangan.

"Saya akan memberitahu Andrea bahwa ketika dia meninggalkan lapangan setelah diganti, dia harus tetap di bangku cadangan dan menunggu rekan setim," ujar Conte

"Hal yang baik dari pergantian tersebut adalah Pirlo telah beristirahat selama 25 menit dan dia akan siap untuk laga kontra Chievo Verona," tutur Conte kepada La Gazzetta dello Sport.