Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Persela Tunggu Keputusan Manajemen

By Kukuh Wahyudi - Kamis, 26 September 2013 | 23:17 WIB
Persela

Pelatih Persela, Didik Ludiyanto, telah menyerahkan laporan 27 pemainnya ke manajemen untuk evaluasi musim depan. Laporan itu berupa data stasistik seputar berapa menit pemain bermain dan juga berapa banyak pemain diturunkan.

Nantinya data itu digunakan manajemen untuk menentukan siapa pemain yang pantas bertahan ataupun yang harus dilepas. Peran Didik pun hanya sebatas rekomendasi.

"Saya telah melaporkan pemain dari awal kompetisi yang sempat berada di papan tengah dan akhirnya berakhir di posisi 12. Walaupun pada awal musim saya sebagai asisten pelaih, saya juga harus melaporkan kondisi itu," kata Didik.

Selain data statistik tersebut, pelatih juga bertugas menilai perilaku para pemainnya. Selanjutnya Didik hanya menunggu keputusan manajemen.

Didik yang notabanenya masih berstatus sebagai caretaker setelah menggantikan posisi Gomes de Oliveira pada musim ini, membawa tim berjuluk Laskar Joko Tingkir dalam persaingan Liga Super Indonesia (LSI) cukup baik. Sempat terseok-seok di awal, namun penampilan Gustavo Lopez dkk. mulai stabil dalam mengakhiri musim.

Untuk peran musim depan, Didik mengaku pasrah. "Saya siap untuk jadi pelatih, asisten, atau yang lain. Semua tergantung manajemen," lanjut Didik.

Warna berbeda tampaknya bakal dialami Persela untuk musim depan. Kapten sekaligus roh permainan Persela dalam dua musim terakhir, Gustavo Fabian  Lopez, memilih hengkang dari tim kebanggaan LA Mania itu. "Untuk musim depan dipastikan saya tidak di Persela lagi," kata Gustavo.

Keputusannya itu sebenarnya tidak mengagetkan lagi. Pada awal musim 2012/13, ia juga telah dikabarkan akan pergi.

Kala itu, Persija yang masih ditangani Iwan Setiawan sangat berminat untuk mendatangkan dirinya. Namun, kabar itu ditepis saat ia tetap bertahan dengan seragam biru langit.

Bagi Laskar Joko Tingkir, pemain kelahiran Argentina, 28 Juni 1983 itu merupakan  pemain vital. Ia berperan sebagai motor serangan dalam menyuplai bola ke lini depan. Pada LSI 2012/13 yang baru berakhir, Gustavo bermain sejak awal laga sebanyak 26 kali dan dua kali bermain sebagai cadangan. Dari total laga tersebut, ia menyumbangkan tiga gol.  Kini kemana dia akan berlabuh masih teka-teki.