Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Imbangi Chelsea 1-1, Spurs ke Puncak Klasemen

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 28 September 2013 | 21:06 WIB
Aksi Gylfi Sigurdsson (tengah), ketika mencetak gol pembuka dalam pertandingan kontra Chelsea. (Ian Kington/Getty Images)

7 berakhir imbang 1-1. Derbi London ini berlangsung sengit dan keras, hingga harus mengeluarkan satu kartu merah. Hasil ini juga membuat Spurs untuk sementara berada di puncak klasemen.

Laga Derbi London yang banyak disebut sebagai yang terpanas pada musim 2013/14 ini berlangsung alot. Kedua tim berhasil menekan pertahanan lawannya dengan baik, namun penyelesaian akhir yang kurang sempurna mengakibatkan minimnya gol yang tercipta.

Sebagai tim tuan rumah, Tottenham berhasil menguasai laga pada babak pertama. Serangan demi serangan yang dilancarkan dengan apik baru berhasil membuahkan hasil pada menit ke-19.

Berawal dari pergerakan pemain anyarnya, Christian Eriksen, gelandang asal Denmark itu berhasil menyodorkan bola kepada Roberto Soldado yang langsung memberikan umpan kecil kepada Gylfi Sigurdsson.

Meski bola sempat dihadang John Terry, namun bola berhasil kembali dikuasai oleh gelandang asal Islandia itu dan berhasil menaklukkan Petr Cech dalam posisi hampir terjatuh.

Namun, meskipun Spurs berhasil menguasai laga pada babak pertama, gol Sigurdsson itu menjadi satu-satunya yang berhasil mereka ciptakan, meskipun Chelsea juga memiliki beberapa peluang.

Di babak kedua, Jose Mourinho langsung memasukkan Juan Mata yang sangat jarang ia mainkan untuk menggantikan John Obi Mikel. Namun, keputusan tersebut ternyata membuahkan hasil.

Mata berhasil menjadi kreator dari gol Chelsea yang berhasil diciptakan pada menit ke-65 dari skema tendangan bebas yang berhasil diselesaikan dengan baik oleh Terry dengan sundulannya.

Sejak awal babak kedua, pertandingan berlangsung semakin keras dan kartu kuning pun bercucuran dari kantong wasit Mike Dean, hingga puncaknya pada menit ke-81 yang membuat pengadil berusia 45 tahun itu harus mengeluarkan kartu merah kepada Fernando Torres.

Torres yang sejak awal laga selalu terlihat bersitegang dengan Jan Vertonghen, mendapatkan kartu kuning kedua yang kedua-duanya ia dapatkan setiap kali berntrok dengan pemain bertahan asal Belgia itu.

Raihan satu poin ini membuat Tottenham Hotspur berhasil melangkahi Arsenal di puncak klasemen Premier League yang baru akan memainkan pertandingannya menghadapi Swansea City 1,5 jam setelah laga derbi ini berakhir di Liberty Stadium.