Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

WBA Kalahkan Manchester United 2-1 di Old Trafford

By Verdi Hendrawan - Sabtu, 28 September 2013 | 23:24 WIB
Selebrasi Saido Berahino (kiri), saat berhasil mencetak gol kemenangan WBA atas Man. United. (Alex Livesey/Getty Images)

6 antara tuan rumah Manchester United menghadapi West Bromwich Albion (WBA) berakhir mengejutkan. WBA tanpa disangka berhasil menaklukkan United 2-1, yang juga merupakan kemenangan pertama The Baggies atau Setan Merah sejak 1984 silam.

West Bromwich Albion berhasil bermain apik dan disiplin menghadapi tim Manchester United yang tampil kurang baik di sepanjang laga. Hal ini membuat The Baggies berhasil mengimbangi permainan United pada babak pertama yang berkesudahan dengan skor 0-0.

Di babak kedua, United langsung mengubah susunan pemainnya dengan mengeluarkan Shinji Kagawa dan memasukkan Adnan Januzaj. Hal ini berhasil meningkatkan serangan United dari sayap kanan, namun tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh rekan-rekannya.

WBA tanpa diduga berhasil mencuri gol pertama berkat solo run yang berhasil dilakukan oleh Morgan Amalfitano yang berhasil mengecoh semua pemain bertahan United, setelah berhasil melewati Rio Ferdinand, gelandang asal Prancis itu berhasil memperdayai David De Gea di depan gawangnya dengan sontekan indahnya pada menit ke-54.

Namun, United berhasil langsung membalas gol WBA pada menit ke-57, berkat tendangan bebas Wayne Rooney yang juga berhasil mengecoh semua pemain WBA, sekaligus kiper Glyn Myhill, yang membuat bola meluncur mulus ke gawangnya.

Pertahanan United yang sejak awal pertandingan tampak begitu rapuh, akhirnya berhasil kembali di manfaatkan oleh tim arahan Steve Clarke itu melalui tendangan keras dari Saido Berahino pada menit ke-57 yang memanfaatkan umpan dari Amalfitano.

Pemain Inggris berusia 20 tahun keturunan Burundi itu berhasil menjadi pencetak gol kemenangan WBA atas Manchester United, yang juga sebagai gol pertamanya bagi The Baggies di ajang Premier League.

Kemenangan ini juga sudah lama tidak dirasakan oleh WBA sejak 1984 silam, yang tentunya hal ini akan menjadi pengalaman indah bagi The Baggies, terlebih mereka mendapatkannya di Old Trafford Stadium.