Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Makassar Targetkan 1000 Peserta

By Tulus Muliawan - Minggu, 29 September 2013 | 07:11 WIB
Ilustrasi (Julian Finney/Getty Images)

Makassar siap menjadi salah satu kota penyelenggara Kejuaraan nasional bulu tangkis Sinar Dunia (Sidu) Cup IV 2013. Sidu Open akan memperebutkan Piala Gita Wirjawan dan Piala Mendiknas.

“Total hadiah secara nasional adalah Rp 1 miliar. Sedangkan untuk regional Makassar, total hadiahnya Rp 60 juta,” ujar ketua panitia, Rizky N Teguh.

Khusus regional Makassar, Sidu Open digelar di GOR Sudiang, 19-23 Oktober mendatang. Sidu Open ditujukan untuk anak usia sekolah dasar (SD) dan SMP se-Sulsel.

“Kejuaraan ini memang fokus untuk usia dini dan diharapkan muncul atlet-atlet usia muda. Kami menargetkan jumlah peserta 1000 orang,” papar Rizky.

Sidu Open hanya memperlombakan nomor tunggal putra dan putri yang dibagi dalam empat kategori, yaitu kategori kelas 1-2 SD, 3-4 SD, 5-6 SD, dan SMP.

“Kita memang hanya memperlombakan nomor tunggal agar bisa melihat secara jelas individu masing-masing anak. Pemenang masing-masing kategori akan memdapat tiket Grand Final di Jakarta nanti,” tutur Rizky.

Sementara itu, Ketua PBSI Sulsel, Devo Khadaffi, mengatakan sangat antusias menyambut kejuaraan tersebut. Makanya, ia akan segera berkoordinasi dengan dinas pendidikan Sulsel agar bisa memberikan rekomendasi dan himbauan agar setiap sekolah bisa menyertakan wakilnya.

“Saya harap setiap sekolah bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. karena banyak bibit-bibit muda yang masih tersimpan di Sulsel ini,” kata Devo.