Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tanpa Istirahat Andik Vermansah Langsung Latihan

By Ario Yosia - Sabtu, 5 Oktober 2013 | 23:03 WIB
Andik Vermansah, latihan untuk menjaga kebugaran. (Ario Yosia/BOLA)

santai. Ia langsung menjalani latihan pemulihan kondisi di lapangan latihan Ventforet Kofu di kawasan Hatta. Pasalnya, pada Minggu (6/10) pemain muda Persebaya 1927 tersebut akan tampil dalam kompetisi tim penganti J-League antara Ventforet Kofu vs Shimizu S-Pulse.

Saat menjalani sesi latihan perorangan Andik Vermansah didampingi Hideaki Shoji, Technical Develpoment Manager Ventforet Kofu. Ia menjalani latihan selama satu jam di lapangan beralaskan rumput sintetisi. Ia sama sekali belum istrirahat setelah menjalani perjalanan selama delapan jam.

Andik latihan terpisah dengan pemain lain. Saat bersamaan sang pemain menjalani latihan tim Venforet Kofu U-19 sedang menjalani latihan rutin.
"Besok Minggu ia akan menjalani pertandingan. Kami berharap kondisi fisiknya tetap terjaga setelah menjalani perjalanan panjang panjang dari Jakarta ke Kofu. Latihan yang dilakukan sifatnya ringan, tidak berat menforsir tenaga, hanya menjaga kestabilan kondisi kebugarannya saja," kata Shoji.

Menu latihan yang dijalani Andik Vermansah bervairiasi mulai dari jogging jarak pendek, dribel bola, hingga latihan asah kecepatan dalam penguasaan bola yang kesemuanya diset oleh Shoji.

Gelandang sayap timnas U-23 tampak menikmati sesi latihan. "Sedikit lelah iya, tapi saya menikmatinya. Ini bagian dari profesionalitas saya sebagai pesepak bola. Saya datang ke kota ini bukan bukan liburan tapi berjuang untuk lolos tes di Ventforet Kofu," ujar Andik Vermansah.

Bagaimana Shoji soal Andik Vermansah? "Secara garis besar saya melihat teknik dasarnya bagus. Andik Vermansah memahami apa yang musti ia lakukan. Dan yang paling penting instingnya sebagai pemain amat mumpuni. Semoga ia bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya saat pelatih-pelatih tim melihatnya bermain."