Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim Cina Lebih Siap di Uji Coba: Alarm Indonesia

By Eko Widodo - Selasa, 8 Oktober 2013 | 15:06 WIB
Zheng Zhi, meraba permainan Indonesia lewat ujicoba. (CFS12.Blog.Daum.Net)

Jika dibandingkan dengan persiapan Indonesia, setidaknya dalam hal uji coba, Cina terlihat lebih siap. Indonesia akan menjamu Cina di pertandingan ketiga Kualifikasi Piala Asia 2015 di Jakarta, Selasa (15/10).

Sebelum menghadapi Indonesia, timnas Negeri Tirai Bambu itu menggelar dua laga uji coba melawan Singapura (7/9) dan Malaysia (11/9). Dari pemilihan lawan uji coba tersebut, terlihat sekali Cina ingin melakukan simulasi pertandingan yang sesungguhnya karena Singapura dan Malaysia merupakan tetangga dekat Indonesia.

Cina pasti berkeyakinan kedua negara tetangga tersebut memiliki kemiripan permainan dengan Indonesia. Hasil uji coba tersebut positif buat Cina. Zheng Zhi dkk. menang 6-1 atas Singapura dan 2-0 atas Malaysia.

Bandingkan persiapan Cina dengan apa yang dialami Indonesia. Timnas Indonesia harus menerima kenyataan tak mendapat lawan uji coba sebelum melakoni pertandingan melawan Cina.

Posisi Cina di Grup C yang dihuni bersama Indonesia, Arab Saudi, dan Irak masih amat memungkinkan buat lolos. Setelah kalah tipis 1-2 dari Arab Saudi di pertandingan tandang, Cina bangkit dengan menang 1-0 kala menjamu Irak.

Saat melakoni dua laga tersebut Cina masih dilatih Jose Antonio Camacho. Namun, pelatih asal Spanyol yang pernah menangani Real Madrid itu dipecat pada Juni 2013. Gara-garanya adalah kekalahan Cina 1-5 dari Thailand pada partai uji coba.

Kini Cina ditangani pelatih sementara, Fu Bo. Hasil uji coba yang bagus melawan Singapura dan Malaysia membuat Fu Bo dan pasukannya optimistis menjelang laga 15 Oktober nanti.

Partai melawan Indonesia, yang di atas kertas merupakan tim terlemah di grup ini, pasti menjadi target Cina untuk mendapatkan tiga poin lagi. Laga terakhir di Jakarta, Cina menang 2-0 atas Timnas Indonesia tahun 2001.


BACA LEBIH LENGKAP di Harian BOLA, Selasa 8 Oktober 2013 halaman 21