Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cuci Gudang ala Persisam Menuju Musim 2014

By Eko Widodo - Selasa, 8 Oktober 2013 | 15:16 WIB
Fachry Husaini, pelatih yang diincar Persisam. (Arief Bagus/BOLA)

Persisam Putra Samarinda telah memulai langkah menuju musim 2014. Setelah melepas Sartono Anwar sebagai pelatih, beberapa pemain asing juga dibukakan pintu keluar.

Dari lima pemain yang tersisa hingga LSI 2013 berakhir, hanya satu pemain yang dipertahankan oleh manajemen. Kapten sekaligus top scorer tim, Lancine Kone, juga masuk dalam kelompok pemain yang tak lagi bertahan di Samarinda.

Penampilan apik Lancine Kone pada musim lalu tak membuat manajemen berniat memperpanjang kontraknya. “Untuk pemain asing, hanya satu yang dipertahankan, yakni Ibrahim Lovinian. Selebihnya kami lepas, termasuk Kone,” kata Direktur Utama Persisam, Harbiansyah Hanafiah.

Osas Marvelous Saha, yang datang pada putaran kedua dan berhasil menyumbangkan 10 gol, juga dilepas manajemen. Akan tetapi, Osas tak akan menemui kesulitan untuk berpijak pada musim depan. Ia dikabarkan bakal merapat ke Persiram.

Untuk pemain lokal, Harbiansyah belum bisa memastikan siapa yang bertahan dan bakal dilepas. Sebagian pemain sudah habis masa kontraknya, seperti Ferdinand Sinaga. Namanya pun sudah dikaitkan dengan Persib.

Satu hal yang pasti dilakukan manajemen tim untuk musim depan ialah mempertahankan skuat hingga 80 persen. Mereka tak mau ambil risiko dengan merombak seluruh pasukan.

Untuk urusan pelatih, Persisam telah mengincar mantan pesepak bola nasional, Fachry Husaini, meski disebut baru secara lisan. “Untuk Fachri belum ada omongan lagi. Dia sedang menunaikan ibadah haji. Jadi, kami masih dalam proses,” ujar Harbiansyah.

BACA LEBIH LENGKAP di Harian BOLA, Selasa 8 Oktober 2013 halaman 23