Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nigel De Jong Suka Melakukan Pekerjaan Kotor

By Jaka Sutisna - Selasa, 8 Oktober 2013 | 21:49 WIB
Nigel De Jong (Getty Images)

Mencetak gol indah dan mengolah bola dengan skill tinggi bukan keterampilan Nigel De Jong. Gelandang AC Milan tersebut mengungkapkan, keahliannya adalah melakukan "pekerjaan kotor" di lapangan.

Masih ingat tendangan kung-fu Nigel De Jong ke dada Xabi Alonso di final Piala Dunia 2010? Ya seperti itu lah pekerjaan yang disukai De Jong. Ia bukan seorang pencetak gol ulung atau pun playmaker andal, namun ia adalah seorang penghancur.

De Jong layaknya mesin penghancur yang berfungsi merusak permainan anggun lawan. Menabrak, menendang, hingga menyikut pemain lawan adalah keahlian De Jong. Pemain asal Belanda itu pun mengaku sangat menyukai "tugas kotor" tersebut.

"Pemain lain bisa mencetak gol indah atau melakukan sedikit keterampilan, namun saya lebih suka merebut bola dan menetralisir serangan lawan," tutur De Jong.

"Itu adalah sesuatu yang membawa keseimbangan bagi tim dan harus dilihat sebagai hal yang positif. Saya suka melakukan pekerjaan kotor. Itu lah peran saya," ujar De Jong dikutip dari Football Italia.