Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Konsentrasi Urus Izin dan Perbaiki Lampu

By Eko Widodo - Rabu, 9 Oktober 2013 | 12:29 WIB
Stadion Sultan Agung, Bantul, yang akan menjadi salah satu venue babak play-off LPI 2013, terus berbenah. (Gonang Susatyo)

off LPI 2013. Kepastian itu dinanti karena tidak banyak waktu yang tersisa untuk bersiap. Opsi dari PSSI sepak mula play-off pada 13 Oktober atau 16 Oktober.

Ketua panpel Persijap, Tafrikan, mengungkapkan bahwa kepastian perihal waktu sepak mula menjadi hal penting dalam  melakukan persiapan.

Setelah ditunjuk menjadi salah satu kota pelaksana babak play-off, hingga kini panpel Persijap belum mengurus izin pertandingan. Proses permintaan izin biasanya membutuhkan waktu tiga hingga empat hari.

“Kami yakin izin pasti keluar karena ada rekomendasi dari PSSI. Namun, kami tetap membutuh­an kepastian secepatnya kapan play-off digelar. Kami juga menanti jadwal pertandingan,” kata Tafrikan.

Untuk keamanan yang bertugas selama penyelenggaraan babak play-off, Tafrikan menyerahkan sepenuhnya kepada Polres Jepara. Untuk laga LPI selama ini sebanyak 200-250 aparat keamanan gabungan dari Polres Jepara, TNI, Marinir, maupun Satpol PP disiagakan.

“Melihat kondisi terkini sepertinya belum membutuhkan tenaga keamanan tambahan karena tidak adanya potensi keributan,” ujar Tafrikan.

Hingga Senin (7/10), panpel Jepara mengaku belum menerima pemberitahuan dari kelompok suporter tim lawan yang akan hadir di Jepara untuk mendukung tim mereka. Hal itu disebabkan Grup K dihuni tim dari Pulau Sumatra dan Kalimantan, seperti Pro Duta, PSM, Bontang FC, dan PSLS yang tidak memiliki basis suporter kuat di Pulau Jawa.

Untuk infrastruktur, Jepara sudah tenang lantaran Stadion Gelora Bumi Kartini dalam kondisi siap menggelar pertandingan. Rumput serta fasilitas lain tidak terkendala masalah. Begitu pula dengan lampu untuk menggelar per­tanding­an di malam hari.

Perbaiki Lampu

Di Bantul, panpel lokal Persiba sedang mengupayakan perbaikan fasilitas lampu stadion yang mengalami sedikit kerusakan karena tersambar petir beberapa waktu lalu.