Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chairman FA: Fernando Torres Seharusnya Dihukum

By Oka Akhsan M. - Rabu, 9 Oktober 2013 | 18:45 WIB
Aksi Fernando Torres (kiri) mencakar wajah Jan Vertonghen. (Ian Kington/Getty Images)

Chairman Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA), Greg Dyke, mengaku kecewa striker Chelsea, Fernando Torres, lolos dari hukuman setelah mencakar bek Tottenham Hotspur, Jan Vertonghen.

Fernando Torres tertangkap kamera televisi mencakar wajah Jan Vertonghen ketika Chelsea bermain imbang 1-1 kontra Tottenham Hotspur pada pekan keenam Premier League, 28 September silam.

Sanksi satu laga memang dijatuhkan kepada Torres. Namun itu adalah hukuman kartu merah yang diterima pemain berjulukan El Nino tersebut untuk insiden yang berbeda.

Berdasarkan peraturan yang disepakati Juli lalu, FA bisa saja mengintervensi keputusan sebuah insiden yang tak terlihat ofisial pertandingan. Akan tetapi, karena salah satu ofisial mengaku melihat aksi nakal Torres meski hanya sekilas, maka FA tak bisa menggunakan haknya.

"Ketika jutaan fan di seluruh dunia melihat insiden itu dan FA tak mengambil tindakan apapun, maka setiap orang pasti bertanya-tanya. Hal ini harus segera disikapi dengan meninjau ulang peraturan yang ada," kata Dyke seperti dilansir London Evening Standard.

"Sebagai Chairman FA, saya tak suka berada di posisi di mana saya tak bisa menjelaskan mengapa tak ada hukuman dalam kasus yang terlihat sangat jelas," ujar Dyke.