Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bergulir 16 Oktober, PSM Pusing dengan Kontrak TV

By Eko Widodo - Kamis, 10 Oktober 2013 | 12:10 WIB
Stadion Sultan Agung Bantul, akan menggelar babak play-off. (Gonang Susatyo)

off LPI akan dimulai 16 Oktober untuk Grup K di Jepara dan 17 Oktober untuk Grup L di Bantul. Keputusan ini didasari beberapa hal, di antaranya konsentrasi PSSI pada tanggal tersebut sudah mulai berkurang karena usainya agenda timnas.

“Jadi, kami bisa berkonsentrasi pada babak play-off ini tanpa harus dibebani kompetisi yang lain,” ujar Joko Driyono, Sekjen PSSI. Laga tersebut akan berlangsung selang satu hari antara Grup K dan L di Jepara dan Bantul.

Untuk perangkat pertandingan, PSSI akan memberi kuasa kepada Komite Wasit langsung menugaskan perangkatnya di laga tersebut.

Selain itu, hak siar televisi kemungkinan besar akan jatuh pada stasiun televisi Grup MNC. Sebelumnya, kompetisi LPI mu­sim ini tidak memiliki hak siar eksklusif pada stasiun televisi tertentu.Hanya dua klub seperti PSM dan Persebaya 1927 yang mempunyai kontrak siaran lang­sung dengan Kompas TV.

Keputusan PSSI memberlakukan sistem play-off juga berdampak langsung pada kontrak PSM Makassar dengan Kompas TV. Praktis, dua partai siaran langsung antara PSM melawan Persebaya 1927 (23/10) dan Perseman Manokwari (17/11) di LPI harus batal.

Padahal, manajemen PSM sudah telanjur menerima fee dari Kompas TV untuk kedua partai tersebut. Rully Habibie, CEO PSM, mengaku cukup dipusingkan dengan masalah ini. “Dalam klausul kontrak memang dua partai tadi masuk dalam daftar live Kompas TV,” kata Rully.

Untuk itu, Rully mengungkapkan dirinya akan membicarakan langsung masalah ini dengan Kompas TV. “Kami juga tidak mau seperti ini. Bukan PSM yang memutuskan LPI dihentikan. Tapi, mau bilang apa lagi,” kata Rully.

Karena itu, Rully berharap Kompas TV bisa memahami kesulitan yang dialami PSM. “Kami berterima kasih banyak pada Kompas TV. Terus terang fee yang diberikan oleh mereka berpengaruh besar pada biaya operasional PSM selama ini,” tuturnya.

Pembagian Grup Play-off LPI 2013
Grup K
Persijap Jepara (tuan rumah), PSIR Rembang, Perseman Manokwari, Persepar Palangkaraya, Persiraja Banda Aceh
Grup L
Persiba Bantul (tuan rumah), Pro Duta, PSM Makassar, PSLS Lhokseumawe, Bontang FC

Penulis: Aning Jati, Abdi Satria