Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rooney Diajak Gabung ke Timnas Skotlandia

By Eko Widodo - Jumat, 11 Oktober 2013 | 13:53 WIB
Wayne Rooney (Getty Images)

Wayne Rooney adalah pemain yang sangat loyal terhadap tim nasional Inggris. Buktinya, striker milik Manchester United itu sempat menolak ajakan untuk memperkuat Skotlandia.

Wayne Rooney memang lahir di kota Liverpool, Inggris, 24 Oktober 1985. Akan tetapi, neneknya adalah warga negara Skotlandia.

Berti Vogs, yang pada tahun 2002 hingga 2004 menjabat sebagai pelatih Skotlandia, coba menggoda Rooney supaya memperkuat timnya. Namun, permintaan tersebut tak mendapat respon positif.

"Federasi Sepak Bola Skotlandia menemui nenek Rooney dan saya juga sempat menelepon. Ketika itu Rooney bermain di bawah asuhan David Moyes di Everton dan saya bicara dengan dia, seorang pemuda berusia 16 tahun," ucap Vogts seperti dilansir Daily Mail.

"Saya bilang bahwa dia bisa bermain untuk Skotlandia. Namun, dia mengatakan, 'Maaf, saya orang Inggris'. Anda harus bicara dengan pemain, tapi dia menegaskan bahwa dirinya orang Inggris," imbuhnya.

Pasca menolak ajakan Vogs, Rooney melakoni debutnya bersama The Three Lions pada 12 Februari 2003. Saat itu lawan yang dihadapinya adalah Australia.