Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Banjir Hukuman Warnai Grand Prix Jepang

By Eko Widodo - Sabtu, 12 Oktober 2013 | 18:09 WIB
Nico Rosberg (Clive Mason/Getty Images)

Banjir hukuman mewarnai pergelaran Grand Prix Jepang yang berlangsung di Sirkuit Suzuka akhir pekan ini. Mulai dari peringatan, penalti, hingga denda dijatuhkan kepada pebalap dan tim yang melakukan kesalahan.

Nico Rosberg menjadi pesakitan pertama. Awak Mercedes itu mendapat peringatan kedua musim ini setelah kedapatan memperlambat mobil hingga kecepatan di bawah 90 km/jam saat Charles Pic (Caterham) mendekat dengan kecepatan tinggi di sesi latihan bebas ketiga, Sabtu (12/10).

Pebalap asal Jerman itu telah mendapat peringatan pertama di Silverstone akibat melanggar bendera kuning di Grand Prix Britania Raya, Juni silam. Sekali mendapat peringatan lagi maka akan berujung penalti 10 grid

Sementara itu, tim Sauber mendapat denda sebesar 20 ribu euro atau sekitar 307 juta rupiah. Steward lomba menganggap Sauber memberikan informasi yang salah kepada Nico Hulkenberg sehingga menghalangi laju Max Chilton (Marussia).

Charles Pic tak lepas dari hukuman. Setelah dihukum penalti 10 grid karena telah menerima tiga peringatan musim ini, pebalap asal Prancis itu juga mendapatkan drive-through penalty pada lima lap pertama lomba karena menerobos lampu merah saat keluar pit di sesi kualifikasi 1.

Adrian Sutil (Force India) menjadi orang terakhir yang bernasib apes. Ia mendapat hukuman penalti lima grid karena mengganti girboks setelah mengalami kecelakaan. Karena hukuman tersebut, Pic dan Sutil akan start dari baris paling belakang saat lomba, Minggu (13/10).