Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Alonso Pengumpul Poin Terbanyak Dalam Sejarah F1

By Riemantono Harsojo - Minggu, 13 Oktober 2013 | 20:20 WIB
Fernando Alonso di Sirkuit Suzuka, Jepang. (AFP)

Fernando Alonso hanya berada di posisi keempat pada GP Jepang di Sirkuit Suzuka pada Minggu, 13 Oktober 2013. Namun, pebalap tim Ferrari asal Spanyol tersebut mendapat kebahagiaan di GP Jepang lantaran namanya masuk buku sejarah Formula 1.

Berada di posisi empat dan mendapatkan tambahan 12 poin dari GP Jepang 2013, Fernando Alonso kini menjadi pebalap yang paling banyak mengumpulkan poin dalam sejarah F1. Seperti dikutip dari BBC Sports, juara dunia 2005 dan 2006 itu sekarang memiliki koleksi total 1.571 poin dalam 12 tahun kariernya di F1. Jumlah itu lebih banyak dua dari rekor sebelumnya yang dipegang Micheal Schumacher. Juara GP Jepang 2013, Sebastian Vettel, berada di peringkat ketiga dengan 1.351 poin.


"Kami sekarang memiliki tujuan-tujuan berbeda dan mereka berkata kepada saya bahwa saya memiliki rekor jumlah poin terbanyak dalam sejarah F1, jadi ini hari yang membahagiakan--menjadi pemimpin poin di F1 adalah sesuatu yang hebat," kata Alonso, seperti dikutip BBC Sports.


"Saya tahu bahwa sistem poin pernah berubah, tetapi ketika seseorang mengambil alih saya dalam pengumpulan poin tidak ada satu pun yang akan ingat tentang perubahan sistem poin."


Dalam akun resmi twitternya Alonso kemudian menulis: "Melihat nama saya memimpin rekor jumlah poin di olah raga seperti Formula 1 adalah sesuatu yang tidak pernah saya banggakan."


GP Jepang 2013 dimenangi oleh Sebastian Vettel (Red Bull), yang membuatnya semakin dekat dengan gelar juara dunia. Posisi berikutnya ditempati oleh Mark Webber (Red Bull) dan Romain Grosjean (Lotus Renault).