Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bruno Metsu Meninggal

By Riemantono Harsojo - Selasa, 15 Oktober 2013 | 16:20 WIB
Bruno Metsu saat membesut tim nasional Qatar dalam pertandingan melawan Kuwait, Januari 2011. (Karim Jaafar-AFP)

Pelatih sepak bola asal Prancis, Bruno Metsu, meninggal dunia pada 14 Oktober 2013 dalam usia 59 tahun. Pelatih yang membawa Senegal mengejutkan dunia pada Piala Dunia 2002 itu menderita sakit kanker.

Seperti dikutip dari situs Le Monde, Bruno Metsu didiagnosis menderita kanker usus besar tak lama setelah menggantikan Diego Maradona sebagai pelatih klub Uni Emirat Arab, Al Wasl, pada Juli 2012. Kanker tersebut kemudian menyebar ke hati dan paru-parunya. Bruno Metsu menghembuskan nafas terakhirnya di klinik Flandres di kampung halamannya di Coudekerque-Village, sebelah selatan Prancis.


Bruno Metsu dikenal karena berhasil membawa Senegal mengalahkan juara bertahan Prancis dengan skor 1-0 di pertandingan pembukaan Piala Dunia 2002 di Seoul, Korea Selatan. Senegal sendiri kemudian berhasil melangkah hingga babak perempat final.


Bruno Metsu juga pernah membesut Uni Emirat Arab dengan membawa negara tersebut untuk kali pertama menjuarai Piala Teluk 2007. Ia juga membawa klub UEA, Al Ain, menjuarai Liga Champion Asia 2003.