Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mark Bosnich Desak Alex Ferguson Tangani Australia

By Eko Widodo - Selasa, 15 Oktober 2013 | 22:21 WIB
Sir Alex Ferguson (Shaun Botterill/Getty Images)

Mantan kiper Manchester United, Mark Bosnich, mendesak Sir Alex Ferguson untuk kembali ke dunia sepak bola dan menangani Australia dalam Piala Dunia 2014.

Jabatan pelatih timnas Australia kini sedang kosong. Hal ini terjadi usai Asosiasi Sepak Bola Australia (FFA) memecat pelatih asal Jerman, Holger Osieck, buntut kekalahan 6-0 dari Brasil dan Prancis dalam laga uji coba.

Mark Bosnich, yang pernah bermain dua musim di Manchester United, mengatakan bahwa sosok Sir Alex Ferguson dianggap layak untuk menjadi pelatih Australia.

"Kami sudah menyiapkan banyak nama, tetapi ada satu nama yang belum disebutkan, meskipun saya punya lebih banyak alasan dari siapapun untuk tidak menyarankan dia," kata Bosnich kepada Triple M Radio.

"Saya harus bersikap jujur dan telah memiliki pengalaman di bawah asuhannya, jadi tahu seperti apa dia itu, dia adalah Sir Alex Ferguson. Kami membutuhkan orang seperti dia dan saya pikir dia cocok untuk memimpin Australia," jelas Bosnich.

Ferguson pensiun dari sepak bola pada akhir musim lalu setelah menghabiskan 26 tahun untuk menangani Manchester United. Kakek berusia 71 tahun itu sempat mengambil alih timnas Skotlandia ketika pelatih Jock Stein meninggal dunia.

Sayang, langkah Ferguson dikancah timnas tidak semulus kariernya di klub. Ferguson gagal membawa Skotlandia lolos dari fase grup dalam Piala Dunia 1986.