Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vettel Ingin Pastikan Gelar Juara di India

By Tulus Muliawan - Kamis, 17 Oktober 2013 | 01:00 WIB
Sebastian Vettel (Paul Gilham/Getty Images)

Keberhasilan Sebastian Vettel menjuarai Grand Prix Jepang akhir pekan lalu semakin mendekatkan dirinya dengan gelar juara dunia musim ini. Pebalap andalan Red Bull itu diharapkan bisa segera memastikan gelar juara dunia keempatnya di GP India, 27 Oktober.

Vettel sesungguhnya bisa memastikan diri sebagai juara dunia tahun ini menyusul keberhasilannya di Jepang. Syaratnya, Fernando Alonso yang menjadi pesaing terdekatnya harus finis di luar posisi delapan besar.

Akan tetapi, fakta yang terjadi di atas lintasan Sirkuit Suzuka berkata lain. Alonso mampu finis di posisi keempat dan memaksa Vettel menunda pesta perayaan keberhasilannya.

Bos Red Bull, Christian Horner, berharap anak kesayangannya itu bisa menunjukkan penampilan terbaik saat tampil di GP India. Sebab, Horner tak sabar ingin segera memastikan gelar juara.

"Kami akan datang ke India dan tampil maksimal seperti yang kami lakukan di Jepang. Jik kami mampu meraih lebih banyak poin dibanding pebalap lainnya, kami akan menjadi juara," tutur Horner di situs Autosport.

"Masih ada empat seri tersisa musim ini. Target kami adalah menjaga momentum hingga seri terakhir. India punya karakter berbeda dari lainnya, begitu juga dengan Abu Dhabi," ujar Horner.

Dengan keberhasilan di Jepang, Vettel kini unggul 90 poin Alonso. Pebalap asal Jerman itu hanya butuh finis minimal di posisi kelima jika ingin memastikan gelar juara dunia di India.

Sementara itu, peluang Alonso untuk menjadi juara masih terbuka andaikan ia mampu menjuarai empat seri terakhir dan Vettel gagal finis di keempat seri tersebut.