Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

F1 GP India Baru Bisa Jual 20 ribu Tiket

By Eko Widodo - Jumat, 18 Oktober 2013 | 05:24 WIB
Sebastian Vettel di F1 GP India. (Getty Images)

Balapan jet darat (Formula 1) di GP India ternyata masih belum menjadi daya tarik penonton. Seperti dilansir SBI, Kamis (17/10), penjualan tiket untuk event yang berlangsung pekan depan baru laku 20 tiket. Padahal tiket yang tersedia mencapai 68 ribu.

Padahal, para pergelaran GP India nanti, mungkin saja akan terjadi penobatan pebalap Red Bull, Sebastian Vettel, sebagai juara dunia.

India akan dicoret dari pergelaran 2014, namun kemungkinan kembali pada 2015. Empat event baru di kalender F1 2014 akan digelar di Rusia (Sochi International Street Circuit), GP Amerika (di Port Imperial Street Circuit in Weehawken, New Jersey), GP Austria dan GP Meksiko.

Menurut F1 supremo, Bernie Ecclestone, GP India dihapus di 2014 karena devaluasi mata uang India yang ditakutkan membuat pemilik pergelaran di India, Jaypee, membayar lebih mahal untuk hosting fee.

"Terjadi penurunan minat pada pergelaran balapan ini dibandingkan musim-musim sebelumnya. Namun kami yakin akan terjadi kenaikan penjualan tiket pada 10 hari terakhir," ungkap Jaypee CEO, Sameer Gaur, kepada IANS dan SBI.

Rekor penonton di GP India adalah 95 ribu pada pergelaran pertama GP India di sirkuit Buddh International Circuit, dekat New Delhi pada 2011.