Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bridgestone Rasakan Pengaruh Aspal Baru

By Arief Kurniawan - Jumat, 18 Oktober 2013 | 15:36 WIB
Jorge Lorenzo, nyaris menyamai catatan waktu Casey Stoner di Phillip Island. (autosport.com)

Pemasok ban MotoGP, Bridgestone, merasa senang dengan aspal baru di Sirkuit Phillip Island, Australia, di mana Jorge Lorenzo nyaris menyamai catatan tercepat yang pernah ada di sirkuit tersebut, padahal ini baru hari pertama.

Catatan yang dibuat pebalap Spanyol yang mengendarai Yamaha itu, 1:28.961, nyaris menyamai rekor tercepat yang pernah ditorehkan di sirkuit ini, 1:28.665, oleh Casey Stoner saat merebut pole position pada 2008 di atas motor Ducati. Bridgestone mensinyalir salah satu penyebab kecepatan itu bisa dilakukan oleh Lorenzo adalah aspal baru Phillip Island yang cocok dengan ban yang dibawa pabrikan Jepang itu.
Shinji Aoki, Bridgestone Motorsport Tyre Development Department Manager, mengatakan: "Jelas sekali terlihat bahwa aspal baru Phillip Island menjadi salah satu pendukung kenapa waktu yang dibuat Lorenzo begitu cepat. Rasanya asyik melihat catatan itu nyaris menyamai rekor yang pernah ada di sirkuit ini. Di sesi pagi banyak pebalap memakai ban lembut dengan respons yang positif. Sementara di sesi sore, karena cuaca memanas, para pebalap memakai ban yang lebih keras. Kami juga menganalisis bahwa aspal baru ini akan lebih membuat ban cepat aus, sehingga untuk lomba kami memprediksi banyak yang akan memakai ban keras," katanya dalam keterangan pers Bridgestone yang dikirim ke bolanews.com dan Harian BOLA.
Biasanya, catatan itu akan membaik pada saat free practice Sabtu dan babak kualifikasi setelahnya. Jadi, rekor Stoner bisa saja akan terpecahkan, termasuk untuk rekor lap tercepat yang biasanya diambil dari fastest lap saat lomba, yaitu 1:30.059 milik Nicky Hayden (Honda) yang dibuatnya juga pada 2008.

Lomba MotoGP Australia digelar hari Minggu (20/10) pukul 12.00 WIB.