Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Timnas U-23 Jalani Tes Kesehatan Secara Rutin

By Tulus Muliawan - Rabu, 23 Oktober 2013 | 08:18 WIB
Alfin Tuasalamony (kiri) dan Andik Vermansah, jalani latihan rutin. (Gonang Susatyo/Bolanews)

23 menjalani tes kesehatan di tengah pelatnas yang digelar di Yogyakarta. Tes kesehatan sengaja dilakukan pelatih Rahmad Darmawan untuk mengetahui kondisi kesehatan pemain.

“Ini untuk melihat kondisi kesehatan pemain, termasuk bila terindikasi narkoba atau memiliki penyakit. Saya pernah menemukan pemain dengan kolesterol tinggi. Karena itu, semua pemain harus menjalani pemeriksaan air seni dan darah,” kata Rahmad.

“Jadi, saya tahu betul kondisi kesehatan pemain. Karena itu general check-up dibutuhkan untuk data kesehatan pemain. Selain itu, saya melakukan tes fisik di awal dan menjelang akhir dari pelatnas,” jelas Rahmad.

Menurut Rahmad selama pelatnas, pemain menunjukkan perkembangan yang signifikan, terutama dalam penguasaan bola. Namun, dia mengakui penyelesaian akhir pemain masih belum memuaskan.

“Saya masih harus mematangkan penyelesaian akhirnya. Mereka bukannya tak punya kualitas tapi mereka hanya kurang tenang dan masih tergesa-gesa sehingga banyak peluang yang tercipta tapi tak bisa diselesaikan dengan baik, " tutur Rahmad.

"Akibatnya, vbanyak peluang gagal menjadi gol. Untuk penguasaan bola sudah cukup memuaskan. Ini merupakan dasar dan mereka harus berani melakukannya,” kata Rahmad.