Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tantan, Menanti Debut Bersama Timnas

By Riemantono Harsojo - Jumat, 25 Oktober 2013 | 06:27 WIB
Tantan saat membela Sriwijaya FC (Erly Bahtiar-BOLA)

Tantan adalah salah satu pemain baru dalam pelatnas timnas senior di Batu, Malang, yang telah dimulai pada 23 Oktober lalu. Penyerang asal Lembang ini sudah beberapa kali dipanggil untuk mengikuti seleksi timnas. Berikut kisah singkat Tantan dengan timnas.

Tantan sudah beberapa kali dipanggil mengikuti seleksi timnas senior. Namun, penyerang yang memiliki ciri khas tak kenal lelah dan berani bertarung dengan bek lawan ini belum juga berhasil melakoni debut bersama Garuda.


Nama Tantan pertama kali masuk daftar seleksi timnas senior pada Juni 2010. Saat itu Tantan yang bermain untuk Persitara dipanggil pelatih Alfred Riedl untuk mengikuti seleksi wilayah barat di Senayan bersama 26 pemain lain. Akan tetapi, Tantan gagal mengikuti seleksi karena sedang cedera.


Saat itu Tantan memang layak dipanggil tim nasional. Bermain di tim yang berada di papan bawah klasemen dan akhirnya terdegradasi, Tantan tetap mampu memperlihatkan ketajamannya bersama Persitara. Pada ISL 2009/10, pemain kelahiran 6 Agustus 1982 itu mampu mengemas 11 gol.


Cedera pada 2010 sempat membuat nama Tantan tenggelam. Ia mencuat lagi kala membela Sriwijaya FC pada ISL 2013. Nama penyerang jebolan SSB Elput dan SSB Putra Lembang ini masuk daftar seleksi timnas untuk pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan Arab Saudi pada Maret. Namun, ia gagal lolos seleksi.


Terakhir pada Oktober ini, setelah menyumbang 9 gol untuk Sriwijaya FC di musim 2013, Tantan dipanggil lagi untuk mengikuti seleksi timnas menjelang pertandingan tandang melawan Cina pada 15 November mendatang.


Tantan yang pada musim depan memperkuat Persib tentu akan berjuang lebih keras agar impiannya terwujud, yakni mengenakan kaus merah berlogo garuda di dada.