Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Balapan Kemungkinan Digelar dalam Sehari

By Tulus Muliawan - Jumat, 25 Oktober 2013 | 23:50 WIB
Motogp Jepang terganggu kabut. (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP/Getty Images)

Dua sesi latihan bebas jelang Motogp Jepang terpaksa ditunda akibat kabut yang menyelimuti Sirkuit Motegi sejak Jumat (25/10) pagi. Akibat kabut tersebut, panitia balapan tidak mengizinkan adanya aktivitas balapan di atas lintasan Motegi.

Untuk menghadapi masalah tersebut, panitia tengah berpikir keras sambil berdiskusi dengan sejumlah pihak terkait pelaksanaan balapan. Namun, belum ada solusi jitu untuk menyelesaikannya.

"Kami telah memberikan sejumlah usulan terkait masalah ini. Namun tak satu pun solusi bisa didapat," ujar race director Michael Webb di Autosport.

Kendati demikian, Webb bersama jajarannya tetap berkomitmen besar untuk menjalankan balapan akhir pekan ini. Perkiraan cuaca juga menunjukkan bahwa cuaca pada Sabtu dan Minggu akan lebih cerah.

Webb memiliki tiga rencana untuk mengantisipasi gangguan kabut di Motegi :

Pertama, jika kondisi memungkinkan berjalan pada Sabtu pagi, sesi latihan akan diperpanjang sebelum jadwal yang biasa berlaku sebelum sesi kualifikasi.

Kedua, jika kondisi tidak membaik hingga Sabtu siang, semua sesi latihan akan digelar pada sore hari hingga selesai. Sesi kualifikasi dan balapan utama digelar Minggu.

Tiga, jika kondisi tetap tidak mendukung, semua sesi mulai dari latihan bebas, kualifikasi, dan balapan utama akan digelar sekaligus pada hari Minggu.